400+ Tips Praktis, Patut anda coba !

Ini adalah 400 lebih resep / tips dan trik yang ada disekitar kita, saya yakin pasti satu dua ada yang bermanfaat bagi pembaca. Tips2 ini adalah hasil  pengumpulan data dan pengalaman dari banyak sobat, yang kebetulan saya simpan di database laptop saya. Dan ini saya bagikan buat sahabat semua, gratisss..., nah selamat menyimak, semoga ada solusi terpecahkan bagi problem yang mungkin sobat alami....

1.        Supaya fruit cake atau cake buah lebih tahan lama, bungkus fruit cake dengan selembar kertas aluminium dan simpan dalam lemari es atau freezer.
2.          Galatin atau bola daging akan lebih lembut dan gurih rasanya jika ditambahkan 1-2 sendok makan susu bubuk ke dalam adonan daging. Aduk rata bersama bahan lain dan bentuk sesuai selera
3.    Supaya sup makaroni tidak keruh, rebus makaroni secara terpisah hingga lunak. Masukkan makaroni ke dalam sup sesaat sup akan diangkat.
4.        Jika suka rasa cream soup yang gurih, sebelum disajikan, tambahkan 1-2 sendok makan krim kental dalam sup lalu aduk rata dan sajikan panas.
5.             Untuk mendapatkan garlic bread yang lembut, aduk mentega dengan bawang putih parut hingga lembut. Sayat melintang atau membujur dinner rolls atau soft rolls. Isi bekas sayatan dengan campuran mentega lalu bungkus kertas aluminium dan panggang selama 5 menit.
6.            Ingin pure kentang lebih istimewa? Sebelum disajikan, beri keju cheddar parut atau daging asap yang dicincang halus dan aduk hingga rata lalu sajikan.
7.             Setup sayuran yang legit? Didihkan air secukupnya, beri sedikit gula pasir lalu masukkan sayuran yang sudah dibersihkan, didihkan kembali lalu tiriskan. Selagi panas, aduk dengan sedikit mentega hingga mentega leleh merata.
8.           Supaya daging panggang lebih mudah empuk dan bumbu meresap, tusuki potongan daging dengan garpu di kedua sisinya. Setelah dilumuri bumbu, diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap sempurna.
9.        Supaya selai buah lebih licin, sebelum dioleskan pada kue, larutkan dengan sedikit air hangat lalu saring sambil tekan-tekan hingga halus.
10.    Untuk menambah aroma sedap pepes peda atau pepes ikan mas, setelah dilumuri bumbu, bungkus pepes dengan selembar daun kunyit muda lalu bungkus lagi dengan daun pisang. Kukus lalu bakar seperti biasa.
11.       Agar ampela ayam lebih empuk dan sedap aromanya, rebus ampela dengan air kelapa dan sedikit garam hingga lunak. Tiriskan dan goreng atau bumbui sesuai selera.
12.         Campur tepung beras dan tepung terigu dengan perbandingan 1:1 tambahkan merica dna garam lalu aduk rata. Aduk daging kerang, udang atau cumi dengan campuran tepung ini lalu goreng hingga kering.
13.       Agar satai sapi lebih gurih rasanya, campurkan 1-2 sdm kelapa parut sangrai yang ditumbuk halus bersama bumbu. Aduk hingga rata lalu tusuki dan bakar.
14.      Untuk mendapatkan kacang sangrai yang gurih, sangrai kacang tanah hingga setengah matang lalu tuangkan larutan garam dan bawang putih. Aduk-aduk terus hingga kacang kering dan matang.
15.         Ingin membuat saus tomat sendiri? Kupas tomat merah secukupnya, parut hingga halus, saring lalu rebus bersama sedikit garam dan gula dengan api kecil hingga kental. Saus tomat siap dipakai.
16.         Jika bosan dengan telur balado, cobalah ganti cabai merah besar dengan cabai hijau besar dan tambahkan 1-2 buah tomat hijau. Jadilah telur cabai hijau yang lezat.
17.         Supaya ikan goreng lebih harum dan gurih, kecuali bawang putih, garam, dan kunyit, tambahkan sedikit ketumbar dan 1 butir kemiri. Rendam ikan dalam bumbu lalu goreng hingga kering.
18.         Punya sisa serundeng atau kedelai bubuk? Kukus ketan secukupnya, bentuk bola-bola lalu gulingkan dalam sisa serundeng atau kedelai bubuk. Jadilah penganan gurih yang enak.
19.         Ingin rasa kaastengels lebih mantap? Taburi permukaan kue dengan keju parmesan bubuk dan keju cheddar lalu panggang seperti biasa.
20.         Untuk mendapatkan rasa cake keju yang gurih, ganti olesan butter cream dengan cream cheese atau keju cream. Oleskan sebagai lapisan di tengah dan sisi-sisi cake lalu taburi keju parut.
21.         Untuk memperoleh warna kemerahan dalam sambal goreng udang atau hati, pakai cabai merah besar untuk bumbunya. Buang bijinya lalu haluskan bersama bumbu lainnya.
22.         Supaya udang goreng tepung lebih gurih, setelah dilapisi adonan tepung, gulingkan dalam kelapa parut kasar kering hingga terlapisi rata. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan.
23.         Agar lontong berwarna kehijauan, balikkan daun pisang, bagian yang berwarna hijau tua menghadap ke arah dalam, dan buat contong. Isi dengan beras dan rebus lontong seperti biasa.
24.         Setelah mengaduk adonan kue kering, sebelum dibentuk atau dicetak, diamkan adonan selama 30 menit. Setelah ?istirahat? adonan akan lebih mudah dibentuk dan renyah rasanya.
25.         Supaya serundeng lebih harum aromanya, tambahkan 2-3 lembar daun jerk purut muda yang diiris halus. Haluskan bersama bumbu, campur dengan kelapa parut dan sangrai hingga kering.
26.         Untuk mendapatkan kuah opor yam yang kental dan gurih, rebus ayam bersama bumbu dan santan encer dulu hingga setengah matang. Tambahkan santan kental, kecilkan api dan masak hingga ayam lunak.
27.         Jika memakai kacang tanah, kacang mete atau kenari untuk campuran kue, sebaiknya sangrai atau panggang sebentar dalam oven hingga warnanya agak kecokelatan. Aroma kacang-kacangan lebih harum dan renyah rasanya.
28.         Supaya daging kambing tidak terlalu tajam aromanya saat diolah, lumuri daging kambing dengan nanas yang diparut halus. Diamkan selama 30 menit, bilas air bersih, tiriskan lalu olah sesuai resep.
29.         Ingin rasa sambal lebih sedap aromanya? Bakar cabai dan terasi hingga kecokelatan atau Agak gosong lalu haluskan semua bumbu. Sambal lebih sedap dan enak rasanya.
30.         Untuk membuat sirop jahe, masak gula dan air dengan perbandingan 1:1, tambahkan jahe segar yang sudah dibakar, kupas, dan memarkan. Rebus dengan api kecil hingga larutan gula agak susut. Angkat dan diamkan hingga dingin. Saring, dan simpan dalam botol bersih.
31.         Pilih pisang kapok atau raja yang tua, kupas, olesi margarin, bakar di atas bara api hingga kecokelatan dan agak kering. Tekan hingga agak pipih, taburi keju, meisjes, susu kental manis atau selai buah. Sajikan pisang bakar ini selagi hangat.
32.         Mentimun juga bisa disajikan sebagai minuman segar. Pilih mentimun yang muda, serut memanjang halus, taruh dalam gelas saji. Tuangi sirop vanili dan es batu, beri sedikit air, aduk rata lalu sajikan.
33.         Untuk menambah rasa gurih pada kaldu ikan, tambahkan tulang, kulit dan kepala ikan saat merebus kaldu. Rebus dengan api kecil agar kaldu tetap bening lalu saring. Kaldu ikan siap dipakai.
34.         Susu cokelat yang hangat dan harum sangat cocok dihirup saat sahur. Rebus 500 ml susu sapi segar bersama 2 sdm cokelat bubuk yang bagus mutunya, hingga mendidih. Angkat lalu saring. Tuang ke cangkir dan taburi sedikit kayu manis bubuk. Sajikan hangat.
35.         Sebagai variasi minuman buka puasa, cobalah sajikan teh jahe. Rebus air bersama jahe segar yang dimemarkan, dan daun pandan hingga mendidih lalu saring. Pakai air jahe ini untuk menyeduh teh, tambahkan gula pasir dan sajikan hangat.
36.         Untuk membuat saus durian yang kental dan licin, rebus santan bersama gula merah, gula pasir, daging buah durian, dan daun pandan hingga mendidih. Angkat lalu saring. Rebus kembali dan tuangkan larutan tepung beras, didihkan hingga kental.
37.         Agar bumbu dapat meresap sempurna, saat membuat empal, rebus daging bersama bumbu hingga setengah matang. Tiriskan daging, iris melintang lalu pukul-pukul hingga agak memar dan rebus kembali bersama bumbu hingga empuk.
38.         Agar setup pisang tetap kenyal tetapi rasanya legit, rebus gula merah bersama gula pasir dengan perbandingan 1:1 bersama air hingga mendidih dan agak kental. Masukkan pisang kapok, masak dengan api kecil hingga pisang matang dan gula menjadi kental. Angkat, sajikan bersama saus santan.
39.         Sebagai pengganti daun salam, iris halus daun kunyit muda lalu aduk bersama adonan pepes teri. Bungkus dan kukus seperti biasa. Botol teri lebih sedap aromanya dan rasanya juga lebih gurih.
40.         Ingin sajian pisang yang istimewa? Goreng pisang dengan mentega hingga kuning keemasan, tiriskan. Celupkan pisang dalam gula karamel lalu taburi dengan kacang tanah cincang dan sajikan dengan es krim.
41.         Agar tidak bosan, saat menyajikan kurma segar buat variasi yang lezat. Belah kurma, buang bijinya, isi dengan seiirs keju cheddar atau satu buah kenari atau kacang mete panggang.
42.         Es kelapa muda kecuali dengan sirop vanili atau sirop mawar bisa Anda sajikan dengan variasi lain. Pakai madu dengan sedikit air jeruk nipis sebagai pengganti sirop atau tambahkan air jeruk manis dalam air kelapanya.
43.         Ingin rasa sambal bajak sedikit asam? Tambahkan 1-2 buah tomat hijau yang dicincang kasar, dan tumis bersama sambal hingga lunak lalu sajikan.
44.         Agar kecap manis, saus tomat, dan selai kacang tidak lengket di sendok, olesi sendok dengan sedikit minyak sayur sebelum dipakai.
45.         Supaya tidak bosan, buat olesan sandwich sendiri, campur mayones dengan cream cheese dengan perbandingan 1:1 lalu campur dengan putih telur rebus yang dicincang halus dan aduk rata.
46.         Untuk memberi aroma segar pada asinan sayuran, pakai cuka limau sebagai pengganti cuka masak, dan perciki dengan sedikit air jeruk limau. Kuah lebih segar dan harum!
47.          Untuk memberi aroma sedap pada kuah soto sulung, tambahkan 2 sdm beras yang disangrai dan ditumbuk halus. Kecuali kuah jadi gurih, aromanya juga lebih sedap.
48.          Ingin omelet lebih padat gizi? Kocok 3 butir telur ayam, tambahakn 2 sdm daun bayam rebus yang diiris halus, 1 sdm keju cheddar parut, garam dan merica. Aduk rata lalu buat omelet seperti biasa.
49.         Bosan dengan tampilan perkedel yang biasa, sebelum digoreng, celupkan perkedel dalam putih telur kocok lalu balut dengan tepung panir dan goreng hingga kuning keemasan.
50.          Supaya kulit pizza lebih renyah, sebelum diberi adonan topping, semir permukaannya dengan minyak zaitun hingga rata.
51.          Ingin empal daging lebih legit? Gunakan air kelapa untuk merebus bersama bumbunya. Setelah daging lunak, tiriskan, pukul-pukul hingga agak memar dan goreng.
52.          Saat menyimpan vla puding, jangan lupa tutup wadah dengan selembar palstik tipis hingga menempel di permukaan vla sehingga tidak terbentuk lapisan keras pada permukaannya selama disimpan.
53.         Agar jagung rebus lebih harum dan gurih, tambahkan 2 sdt mentega dalam air perebusnya. Rebus hingga mentega leleh dan jagung lunak. Angkat dan nikmati selagi hangat.
54.          Agar bola daging rasanya renyah dan gurih, tambahkan sedikit kacang tanah yang dicincang kasar atau bengkuang yang dicincang halus dalam adonan dagingnya. Bentuk adonan lalu kukus atau goreng.
55.         Bosan dengan rasa fu yung hai yang biasa? Tambahkan sedikit rebung rebus yang dicincang halus dalam adonan telurnya dan tambahkan potongan nanas dalam sausnya. Fu yung hai lebih padat, gurih dan rasa sausnyapun lebih segar.
56.          Ingin warna bolu menjadi kuning cantik? Setelah diaduk dengan tepung terigu tambahkan 1-2 tetes pewarna kuning. Aduk rata lalu tuang ke dalam loyang dan panggang seperti biasa.
57.         Sebagai variasi sekaligus pengganti asam Jawa dalam sayur pindang, gunakan daun asam Jawa muda atau belimbing sayur. Rebus dengan api kecil hingga bumbu meresap.
58.          Agar rempeyek udang lebih renyah dan gurih, tambahkan 1-2 butir kemiri dalam bumbu halusnya. Masukkan udang secara bertahap dan goreng tipis sesendok demi sesendok.
59.         Rebus air bersama jahe, serai dan gula secukupnya hingga ar berkurang seperempat bagian. Saring lalu seduh teh kantong dengan air jahe. Jadilah teh jahe yang harum dan sedap!
60.         Sebagai variasai bakwan sayuran, pakai daun melinjo muda yang dicincang halus sebagai pengganti. Tambahkan sedikit kelapa parut, aduk dengan bumbu dna goreng seperti biasa.
61.         Ingin garlic bread lebih renyah? Pakai minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau margarin.
62.         Agar bumbu pecel tidak terlalu berminyak, sangrai kacang tanah hingga matang, kupas lalu haluskan bersama bumbu lainnya.
63.         Agar wedang jahe lebih segar aromanya dan hangat, tambahkan 2-3 batang serai yang dimemarkan dalam air perebusnya. Rebus hingga air berkurang seperempat bagian.
64.         Untuk mendapatkan rasa dan aroma sayur tumis yang lebih gurih dan harum, tambahkan 1 sdt terasi goreng dan 1 sdm saus tiram dalam bumbu tumisnya.
65.         Ingin perkedel teri lebih harum? Tambahkan daun jeruk purut atau daun kunyit atau daun kemangi yang diiris halus dalam adonannya. Aduk rata dan goreng seperti biasa.
66.         Untuk mendapatkan saus selada yang lebih segar dan sehat, cobalah campur mayones rendah lemak dengan yoghurt rendah lemak dengan jumlah yang sama. Bumbui dan sajikan sebagai saus salad yang segar.
67.         Sebelum digoreng, kerok lemak yang ada di bagian bawah kulit ayam lalu lumuri dengan air jeurk nipis dan sedikit air kapur sirih. Bilas bersih lalu rendam bumbu dna goreng. Kulit ayam jadi lebih renyah dan garing.
68.         Untuk mendapatkan kuah sambal goreng labu siam yang kemerahan, kukus cabai merah besarnya hingga lunak lalu haluskan bersama bumbu lainnya dan tumis dengan sedikit minyak.
69.         Sebelum dicetak dalam loyang pie, simpan adonan pie selama 1 jam dalam lemari es. Adonan menjadi lebih mudah dan licin saat dibentuk.
70.         Supaya aroma tim ikan tidak terlalu anyir, selipkan beberapa iris jahe segar dan bawang putih di dalam perut ikan. Bumbui dan kukus seperti biasa.
71.         Jagung rebus atau jagung kukus akan lebih gurih dan sedap aromanya dengan tambahan mentega. Tambahkan 1-2 sdt mentega dalam air perebusnya atau olesi jagung kukus selagi masih panas dengan sedikit mentega.
72.         Agar rebung rebus tidak basi aromanya, rendam rebung dalam air matang yang dingin dan masukkan dalam lemari es. Ganti airnya tiap 2 hari sekali.
73.         Agar penampilan lemper ayam lebih menarik dan rasanya lebih gurih, sebelum dibungkus daun pisang, gulingkan lemper dalam serundeng atau kelapa parut sangrai hingga rata.
74.         Tambahkan 5-8 helai daun kari dan 1 lembar duan kunyit yang dicobik-cabik ke dalam kari ayam atau sayuran. Masak hingga kuah mengental. Kari ayam lebih harum dan sedap.
75.         Agar penampilan cake lebih cemerlang, panaskan 1 sdm madu dan 1 sdm marmalade hingga encer lalu oleskan ke permukaan cake. Cake lebih mengilap dan legit rasanya.
76.         Ingin rasa mashed potato lebih gurih dan spesial? Tambahkan 1 sdm daging asap yang telah dicincang dan disangrai serta 1 sdm daun peterseli yang dicincang halus lalu aduk rata.
77.         Untuk mendapatkan saus selada yang lebih segar, gunakan krim asam atau sour cream atau yoghurt tawar sebagai pengganti mayones botolan.
78.         Agar rasa perkedel udang lebih gurih, tambahkan sedikit udang cincang atau teri nasi tawar ke dalam adonan jagung. Sendoki dan goreng seperti biasa.
79.         Ingin rasa fruit cake lebih eksotik? Gantilah manisan ceri dan kismis dengan manisan nanas, manisan mangga atau manisan tomat yang dicincang halus.
80.         Taburi urap sayuran dengan 1 sdm teri Medan goreng dan 1 sdm petai yang diiris halus. Rasa urap jadi lebih gurih dan sedap!
81.         Bosan dengan rasa telur dadar yang biasa? Coba tambahkan 1 sdm kelapa parut dan 1 sdt sambal bajak ke dalam 3 butir telur kocok, aduk rata lalu buat dadar seperti biasa.
82.         Agar aroma dan rasa setup pisang lebih legit, tambahkan ½ sdt kayu manis bubuk ke dalam rebusan air gulanya. Masak hingga gula kental, aroma setup jadi lebih harum.
83.         Taruh 1 lembar daun kunyit di atas selembar daun pisang lalu taruh ikan berbumbu di atasnya dan bungkus rapi. Pepes ikan akan lebih harum dan enak rasanya.
84.         Ingin pure kentang tampil lebih cantik? Campur kentang kukus dengan sedikit wortel kukus, haluskan bersama bumbu dan susu/krim. Warna pure kentang lebih cantik dan rasanyapun lebih gurih.
85.         Bumbu urap sayuran berlebih? Sangrai kelapa berbumbu tersebut di atas api kecil hingga kering. Jadilah serundeng yang sedikit pedas dan gurih rasanya.
86.         Saat membuat kaldu udang atau ikan, tambahkan 1 batang serai dan 3 batang daun jeruk. Rebus bersama bahan lain hingga kaldu bening. Aroma kaldu akan lebih harum dan sedap!
87.         Agar sirop gula merah tidak asam rasanya, untuk tiap 500 gram gula Jawa, tambahkan 100 g gula pasir, rebus dengan 250 ml hingga gula larut dan mendidih lalu saring.
88.         Ingin air es terasa lebih segar? Tambahkan beberapa iris jeruk nipis atau jeruk lemon dalam air yang dibubuhi es batu dan sajikan dingin.
89.         Supaya daging buah lapukat lebih segar rasanya, keruk daging buah yang berwarna kuning saja lalu perciki dengan air jeruk nipis. Haluskan atau cincang sesuai keperluan resep.
90.         Jika memakai buah kering untuk membuat kue, perciki buah dengan sedikit rhum atau air gula agar lembap. Kemudian taburi sedikit tepung terigu agar buah tidak tenggelam ke dasar loyang.
91.         Agar tekstur muffin tetap bagus, saat mengaduk adonan dengan tepung, jangan terlalu kuat atau keras sehingga adonan tidak bantat.
92.         Agar tumis sayuran lebih gurih dan sedap, tambahkan 6-8 buah ebi besar yang sudah direndam hingga lunak dan dimemarkan. Tumis ebi bersama bumbu lainnya hingga harum lalu tambahkan sayuran.
93.         Ingin membuat sirop jeruk nipis? Rebus 500 gram gula pasir bersama 200 ml air dan 200 ml air jeruk nipis dan 3 lembar daun jeruk hingga gula larut dan mendidih. Angkat, saring dan dinginkan.
94.         Kupas biji 2-3 buah mentimun, buang bijinya lalu serut atau cincang. Campur mentimun dengan sirop vanili dan es batu. Jadilah minuman segar yang enak dinikmati saat udara panas.
95.         Sebelum dicampurkan dalam selada, panggang sebentar tomat utuh di atas bara api hingga agak kecokelatan dan lunak, potong-potong lalu campur dengan bahan selada lain. Tomat lebih segar dan tidak terlalu asam!
96.         Agar kelapa parut untuk kelepon atau kue tradisional lain tidak mudah basi, aduk kelapa parut dengan sedikit garam lalu kukus selama 15 menit. Setelah dingin taburkan atau balutkan ke kue.
97.         Rebus cumi asin dalam air secukupnya dan ganti air perebusnya beberapa kali agar cumi tidak terlalu asin. Setelah empuk dan lunak, tiriskan dan bumbui sesuai resep.
98.         Agar ayam bakar lebih empuk, sebelum dibakar, kukus sebentar berikut bumbu perendamnya. Tiriskan lalu bakar di atas bara api.
99.         Sebelum menyimpan tahu, taburi sedikit garam, kukus selama 15 menit. Dinginkan, simpan dalam lemari es. Tahu bisa tahan disimpan beberapa hari.
100.     Supaya tusuk satai tidak mudah terbakar saat dipanggang di atas api, sebelum dipakai, rendam beberapa saat dalam air dingin. Lap hingga kering lalu pakai untuk menusuki satai.
101.     Buat variasi nasi goreng yang lebih gurih dan harum. Saat menumis bumbunya perciki sedikit minyak wijen dan jangan lupa taburi juga dengan biji wijen yang sudah disangrai. Dijamin nasi goreng lebih gurih dan sedap!
102.     Untuk mengurangi rasa asin pada cumi asin, rebus cumi asin dalam air secukupnya hingga mendidih dan cumi empuk. Buang airnya, ganti dengan air baru dan rebus kembali. Ulangi sebanyak 2-3 kali hingga cumi benar-benar lunak dan tidak asin.
103.     Agar almond tidak mudah tengik, panggang sebentar dalam oven hingga agak kecokelatan dan kering. Dinginkan, masukkan kantung plastik, ikat rapat dan simpan di tempat kering.
104.     Supaya cokelat bubuk tidak hilang aromanya, simpan di tempat sejuk dan kering. Atau taruh dalam stoples bertutup rapat dan simpan dalam lemari es.
105.     Panci berbau lemak yang tajam? Rebus air secukupnya hingga mendidih lalu tambahkan 1 sdm kopi bubuk dan masak hingga mendidih. Buang airnya lalu cuci panci dengan air sabun hangat.
106.     Agar pisang goreng keju lebih mantap rasanya, kecuali irisan keju yang diselipkan pada pidang, tambahkan keju parut dalam adonan pelapisnya.
107.     Untuk menambah aroma dan rasa gurih pada keanri, setelah dikupas, panggang atau sangrai kenari sebentar hingga agak kering. Kenari menjadi lebih renyah dan gurih.
108.     Agar rasa karamel tidak terlalu pahit, setelah gula meleleh sempuran, tambahkan sedikit air dan 1 sdt air jeruk lemon, aduk hingga gula larut. Gunakan sesuai keperluan resep Anda.
109.     Saat membuat pindang serani, masukkan 1 sdm asam Jawa yang dibentuk bundar dan dipanggang di atas bara api hingga kering. Rebus bersama bumbu lainnya. Pindang akan lebih segar dan sedap aromanya.
110.     Agar aroma anyir udang tidak terlalu tajam, saat membuat bakso udang, tambahkan sedikit daun ketumbar atau daun bawang yang dicincang halus. Bentuk adonan seperti biasa.
111.     Untuk mendapatkan warna merah yang cantik dan rasa sup tomat yang lebih segar, tambahkan 1-2 sdt tomat pasta dalam sup dan gunakan tomat merah yang masak sebagai bahan utamanya.
112.     Punya jus buah berlebih? Tuangkan dalam cetakan es batu dan bekukan. Saat diperlukan, taruh dalam gelas, tuangi air soda dingin. Sajikan sebagai minuman segar.
113.     Supaya ayam goreng tepung manjadi lebih renyah, sebelum dibalut tepung pastikan ayam benar-benar kering. Setelah dibalut tepung, diamkan beberapa saat agar lapisan tepung melekat sempurna pada daging ayam lalu goreng.
114.     Agar putih telur menjadi kental dan naik saat dikocok, pastikan putih telur dalam suhu ruangan saat dikocok dan wadah pengocoknya bebas dari lemak dan kotoran.
115.     Pisahkan kuning dan putih telur dari 3 butir telur ayam. Kocok kuning telur bersama 2 sdm susu cair, sedikit garam dan merica. Kocok putih telur hingga kental lalu campur dengan kuning telur. Buar omelet seperti biasa. Omelet lebih lembut dan empuk!
116.     Agar brownies tetap lembap saat disimpan, setelah dingin, biarkan brownies dalam loyang lalu bungkus dengan plastik.
117.     Agar tidak terlalu menyengat aromanya, sebelum diolah, rendam cabai merah kering dalam air hangat hingga lunak. Tiriskan lalu iris kasar dan olah sesuai resep.
118.     Untuk membuat sambal tauco yang sedap, campurkan sambal terasi dengan sedikit tauco yang dihaluskan lalu aduk dengan air jeruk nipis hingga sambal agak encer.
119.     Jika suka rasa pedas menggigit pada acar mentimun, haluskan cabai rawit merah lalu aduk bersama mentimun, sedikit gula, dan garam.
120.     Bosan dengan roti panggang yang biasa? Cobalah gunakan panggangan ikan yang bersih, olesi sedikit margarin, taruh lembaran roti tawar di atasnya dan panggang di atas bara api. Hasilnya, roti lebih renyah bagian luarnya dan aromanya sangat harum.
121.     Selagi pasta (spaghetti, makaroni) masih panas, aduk dengan sedikit mentega dan keju Parmesan parut hingga rata. Kecuali tidak lengket, pasta menjadi lebih gurih dan enak rasanya.
122.     Bosan dengan roti tawar yang olesannya manis? Cobalah olesi dengan cream cheese, beri irisan daging asap lalu panggang sebentar. Sajikan selagi hangat untuk sarapan atau bekal.
123.     Adonan kentang untuk perkedel terlalu lembek? Tambahkan 1-2 sdm tepung terigu, aduk rata. Bentuk adonan lalu lapisi dengan telur dan tepung panir dan diamkan beberapa saat lalu goreng seperti biasa.
124.     Spaghetti terlalu lunak? Potong kasar spaghetti, taruh dalam pinggan tahan panas. Siram dengan sausnya dan taburi keju lalu panggang hingga keju leleh. Jadilah hidangan one dish meal yang lezat!
125.     Untuk mendapatkan kering kentang yang renyah dan garing, sebelum digoreng, rendam irisan kentang dalam air yang diberi sedikit air kapur sirih. Tiriskan lalu goreng bertahap dalam minyak panas dan banyak.
126.     Agar aroma keju terasa lebih kuat, parut atau potong keju sesaat akan dimasukkan ke dalam adonan kue. Jika terlalu lama dibiarkan terkena udara keju akan keras dan aromanya berkurang.
127.     Kehabisan chocolate chips? Cincang kasar baking chocolate lalu aduk bersama adonan kue dan panggang seperti biasa.
128.     Supaya taoge segar lebih tahan lama, sebelum disimpan, bersihkan taoge lalu bungkus dengan kertas rapat-rapat dan simpan dalam lemari es. Taoge bisa tahan hingga 3 hari.
129.     Agar teri jengki segar tidak terlalu anyir dan berlendir, sebelum diolah, aduk-aduk dengan sedikit kunyit yang dihaluskan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas air bersih dan masak sesuai resep.
130.     Ingin es teh manis lebih segar? Buatlah air teh kental, tambahkan sedikit air jeruk nipis dan es batu lalu tuangi air soda manis yang dingin. Aduk dan minum selagi dingin.
131.     Sebelum diolesi dengan whipped cream, simpan kue dalam lemari es selama 1-2 jam. Karena kue dingin maka olesan whipped cream lebih tahan lama atau tidak mudah lumer saat disemprotkan atau dipakai sebagai hiasan.
132.     Agar kue apem panggang atau kukus lebih wangi aromanya, sesaat sebelum adonan dituang dalam loyang, tambahkan ½ sdt kulit jeruk purut atau jeruk lemon parut dan aduk rata.
133.     Sebelum emping digoreng, lumuri dengan larutan bawang putih dan garam hingga rata. Jemur sebentar hingga agak kering lalu goreng dalam minyak banyak. Emping jadi lebih harum aromanya.
134.     Bosan dengan rasa ayam goreng tepung yang biasa? Tambahkan biji wijen atau kacang tanah cincang dalam adonan tepungnya. Goreng ayam seperti biasa, rasa tepungnya jadi lebih gurih dan enak.
135.     Untuk mendapatkan ebi halus yang gurih rasanya, rendam dahulu ebi dalam air hangat hingga mengembang. Bersihkan lalu tiriskan. Sangrai hingga kering lalu tumbuk halus.
136.     Ingin membuat acar mangga muda yang gurih dan pedas? Serut halus tipis daging mangga muda. Taburi sedikit garam, remas-remas hingga layu. Aduk dengan irisan cabai merah dan simpan dalam lemari es selama 1 jam.
137.     Jika kebetulan Anda mempunyai kuning telur ayam segar yang berlebihan, aduk dengan sedikit gula pasir, masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer.
138.     Saat menggoreng tempe goreng tepung, celupkan tempe satu per satu dalam adonan terigu, jangan sekaligus supaya adonan tidak berair. Kemudian goreng tempe hingga kering.
139.     Supaya buntil daun singkong tidak terasa sangat pahit, pilih daun pepaya yang muda, celup sebentar dalam air mendidih yang dibubuhi garam hingga layu. Sebelum diisi adonan isi, lapisi daun pepaya ini dengan daun singkong muda
140.     Ingin lumpia lebih gurih? Sebelum diisi dengan adonan isi, olesi kulit lumpia dengan telur kocok hingga rata. Lipat atau bungkus seperti biasa dan goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kering lalu tiriskan.
141.     Mi kering yang Anda seduh terlalu lembek? Panaskan 1-2 sdm dalam wajan lalu atur mi yang lembek itu hingga menutupi dasar wajan. Panaskan hingga kering lalu balik. Sajikan dengan siraman kuah kental berisi ayam, sayuran, dan bakso.
142.     Jus pepaya beraroma kurang sedap? Saat membuat jus tambahkan air jeruk manis dan 1-2 sdm air jeruk lemon atau jeruk nipis lalu haluskan bersama. Rasa jus lebih segar dan aromanya jadi lebih enak.
143.     Bosan dengan rasa yoghurt tawar? Masukkan yoghurt tawar dalam mangkuk blender lalu tambahkan potongan buah segar (pisang, mangga, stroberi, jambu biji) dan blender hingga l;embut. Jadilah yoghurt dengan rasa lebih segar!
144.     Punya roti tawar bersisa banyak? Kocok margarin dengan sedikit gula hingga lembut. Olesi permukaan roti dengan margarin tersebut lalu potong masing-masing menjadi 4 bagian dan panggang hingga kering.
145.     Agar jamur merang dan jamur kancing tahan disimpan lama. Taruh jamur dalam wadah atau kantong plastik atau bungkus dengan selembar kertas Koran dan simpan dalam lemari es.
146.     Burger terlalu lembek? Tambahkan 1-2 sdm tepung terigu, aduk hingga rata. Bentuk adonan daging menjadi burger lalu taburi dengan tepung roti dan simpan dalam lemari es selama 1 jam lalu goreng seperti biasa.
147.     Agar paru sapi lebih cepat empuk dan aromanya tidak anyir, setelah dipotong-potong, lumuri paru dengana air jeruk nipis atau cuka. Diamkan selama 1 jam lalu bilas hingga bersih, olah sesuai resep.
148.     Untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya, pilih daun pepaya yang muda lalu rebus bersama beberapa helai daun jambu biji hingga daun pepaya lunak. Buang daun pepaya, tiriskan atau peras daun pepaya.
149.     Ingin bakwan yang renyah dan tidak gampang lembek? Tambahkan 1 –2 butir kemiri sangrai dalam bumbu halusnya. Jangan lupa masukkan bahan secara bertahap agar adonan tepung tidak berair.
150.     Pacri nanas alias acar nanas sangat sedap untuk pelengkap nasi kebuli atau ikan bakar. Jika suka rasa pedas menggigit, tambahkan 1 sdt cabai merah giling dan beberapa cabai rawit yang diiris halus dalam kuahnya.
151.     Supaya kaldu daging lebih harum aromanya, masukkan ½ butir biji pala yang dimemarkan dalam kaldu lalu rebus dengan api kecil.
152.     Adonan kue kering agak lembek? Bungkus adonan dalam kantong plastik dan simpan selama 1 jam dalam lemari es lalu bentuk sesuai selera.
153.     Saat membuat bakso udang, campurkan 2 tangkai daun ketumbar yang dicincang halus. Bakso udang akan lebih sedap dan tidak anyir.
154.     Ingin variasi nasi yang lebih legit? Tambahkan 2-3 sendok makan jagung manis pipilan segar dalam beras lalu tanak seperti biasa.
155.     Agar kerang beraroma lebih harum saat direbus, tambahkan 1 siung bawang putih dan 1 cm jahe yang dimemarkan. Rebus hingga terbuka lalu tiriskan.
156.     Punya stroberi segar berlebih? Potong kasar stroberi, aduk dengan gula pasir hingga layu lalu perciki sedikit air jeruk nipis. Simpan dalam lemari es selama 1 jam. Sajikan sebagai buah segar atau topping es krim dan puding.
157.     Ingin kuah soto bening dan harum? Bungkus bumbu halusnya dalam sepotong kain bersih lalu rebus bersama kaldunya hingga aroma bumbu meresap. Kaldu tetap bening dan aromanya harum.
158.     Belah melintang 1 butir bawang Bombay lalu panaskan dalam wajan dengan bekas belahan menghadap ke bawah hingga gosong dan layu. Angkat, rebus bersama bumbu kaldu lainnya. Aroma kaldu ayam atau sapi menjadi lebih sedap!
159.     Untuk mengurangi aroma tajam pepaya saat membuat juice, campur pepaya dengan air jeruk manis atau 2 sdm air jeruk nipis lalu blender hingga lembut dan sajikan.
160.     Supaya permukaan puding karamel menjadi sedikit renyah, 15 menit sebelum diangkat, taburi permukaannya dengan sedikit gula pasir, panggang dengan api atas hingga gula mengeras lalu angkat..
161.     Agar mi kuah instan lebih gurih rasanya, saat merebus kuah berikut bumbu instannya, tambahkan 1 siung bawang putih yang dicincang halus dan 2-3 buah cabai rawit yang ditumbuk kasar, jika suka pedas. Saat akan disajikan taburi dengan bawang merah goreng.
162.     Ingin sambal terasi beraroma lebih sedap? Cobalah bakar cabai dan terasi di atas bara api hingga agak gosong lalu haluskan seperti biasa. Perciki sedikit air jeruk limau agar aromanya makin sedap.
163.     Supaya aroma nasi yang dihangatkan tetap harum, alasi kukusan dengan selembar daun pisang. Taruh nasi di atasnya dan kukus seperti biasa. Nasi tidak terlalu basah dan aromanya harum.
164.     Agar aroma udang segar tidak berlendir dan aromnya tidak terlalu tajam, setelah dikupas, rendam sebentar dalam cuka masak. Aduk-aduk atau kocok-kocok lalu bilas segera dengan air bersih dan tiriskan
165.     Bau babat terlalu menyengat? Saat merebus jangan lupa tambahkan 2 lembar daun jeruk purut dan 1 lembar daun salam. Rebus hingga babat lunak dan olah sesuai resep.
166.     Ingin rasa kopi lebih menggigit? Siapkan 100 ml air kopi kental dalam gelas tinggi, tuangi air soda manis yang dingin lalu beri 1 skop es krim vanili. Aduk rata dan nikmati selagi dingin!
167.     Tambahkan wortel yang diserut halus dan udang kupas yang dicincang kasar dalam adonan perkedel jagung. Goreng adonan jagung seperti biasa. Rasa perkedel jagung lebih gurih dan enak.
168.     Agar ikan asin tidak terlalu pekat rasa asinnya, rendam sebentar dalam air hangat hingga lapisan garamnya berkurang. Tiriskan lalu balut dengan tepung beras kering dan goreng. Ikan asin menjadi lebih renyah dan gurih.
169.     Setelah usus ayam bersih, bilas dengan air yang diberi sedikit soda kue lalu tiriskan. Bumbui seperti biasa dan goreng kering. Usus ayam akan lebih garing dan renyah.
170.     Bersihkan cumi, biarkan kantong tintanya, beri bumbu lalu jerangkan di atas api sedang hingga seluruh air cumi ke luar. Setelah agak kering, tambahkan minyak sayur, aduk rata. Cumi kehitaman ini lebih gurih rasanya.
171.     Untuk memberi rasa lebih gurih pada bakwan atau perkedel, tambahkan 1-2 sdt biji wijen putih atau hitam dalam adonan lalu goreng kering seperti biasa.
172.     Untuk mendapatkan irisan daging sapi yang tipis dan rata, simpan potongan daging sapi utuh dalam freezer hingga setengah beku. Dengan pisau tajam, iris tipis daging dengan arah melintang serat.
173.     Jika tahu segar lebih tahan lama, cuci bersih, rendam dalam air matang dingin lalu simpan dalam lemari es. Atau kukus tahu, dinginkan dan simpan dalam lemari es.
174.     Supaya kacang goreng lebih gurih, aduk 500 g kacang tanah kupas dengan 1 siung bawang putih yang diparut, sedikit garam, dan 2-3 sdm santan kental. Diamkan beberapa saat, tiriskan lalu goreng hingga kering.
175.     Agar nasi uduk beraroma lebih sedap, taruh 2-3 lembar daun kunyit pada alas kukusan lalu taruh aronan beras dan santan di atasnya dan kukus hingga beras matang.
176.     Agar adonan pie mudah dibentuk dan digilas tipis. Bungkus plastik dan simpan dalam lemari es selama 1 jam. Keluarkan dari lemari es lalu potong, tipiskan dan bentuk sesuai selera.
177.     Untuk mengurangi rasa pahit pare, setelah diiris, remas dengan sedikit garam dan gula pasir hingga layu dna berair. Bilas air bersih lalu tiriskan.
178.     Tuang 100 ml air kopi kental ke dalam gelas, tambahkan 1 skop es krim vanili lalu tuangi air soda manis yang dingin. Kopi soda siap disajikan.
179.     Ingin membuat minyak bawang putih sendiri? Cincang 10 siung bawang putih, tumis dengan minyak hingga kuning lalu tambahkan 200 ml minyak sayur. Masak hingga panas, angkat dan dinginkan.
180.     Ingin beef burger beraroma harum? Tambahkan 1 sdt bumbu kari segar dalam adonan daging dan 1 sdm daun bawang yang diiris halus. Aduk rata, bentuk dan olah burger seperti biasa.
181.     Bosan dengan rasa puding cokelat yang biasa? Tambahkan 1 sdt kopi bubuk instan ke dalam 750 ml adonan puding cokelat. Aduk hingga larut. Jadilah puding rasa moka yang harum dan sedap.
182.     Agar bumbu urap lebih harum, tambahkan 1-2 lembar daun jeruk purut muda yang diiris halus. Kukus bumbu urap agar bumbu lebih meresap dan tidak cepat basi.
183.     Sebelum dimasukkan ke dalam gulai, sebaiknya olesi ikan atau kepala ikan dengan kunyit halus dan diamkan selama 30 menit agar aroma gulai tidak anyir.
184.     Jika suka kuah bubur kacang hijau lebih kental, tambahkan 2 sdt tepung beras yang dilarutkan dalam air ke dalam kacnag hijau yang sudah lunak. Aduk-aduk hingga mendidih dan kental.
185.     Untuk memperoleh aroma opor yang sedap, sebaiknya tumis bumbu halus bersama serai hingga matang lalu tambahkan santan. Gunakan api kecil selama memasak agar kuah santannya tidak pecah tetapi kental berminyak.
186.     Agar gulai jantung pisang lebih sedap, pilihlah jantung pisang kepok atau pisang batu lalu rebus jantung pisang dengan sedikit garam dan daun salam hingga lembut.
187.     Untuk mengurangi aroma udang kupas yang tajam, sebelum diolah, rendam udang dalam arak masak yang sudah dibubuhi sedikit bawang putih parut. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih dan olah sesuai resep.
188.     Ingin bubur sumsum lebih legit? Sesaat sebelum diangkat, tambahkan biji jagung manis rebus, lalu aduk rata. Penampilan bubur jadi cantik rasanyapun makin legit.
189.     Agar rasa bumbu kari tidak membosankan, cobalah tambahkan 4-5 buah cabai hijau besar saat menghaluskan bumbu. Anda akan memperoleh rasa kari hijau yang segar dan sedap!
190.     Sesaat sebelum diangkat dari oven, taburi permukaan puding karamel dengan sedikit gula pasir. Panggang semenit dengan api atas hingga gula lumer dan kecokelatan. Permukaan puding akan sedikit keras dan renyah saat dingin.
191.     Sebelum mengiris bawang Bombay, buang bagian tengah (lingkaran paling kecil) yang keras. Bagian ini rasanya sedikit pahit. Iris atau cincang bawang Bombay seperti biasa.
192.     Saat merebus kaldu dari ayam negeri, jangan lupa tambahkan 1 potong jahe yang dimemarkan agar aroma tajam daging ayam agak berkurang.
193.     Agar ikan kukus beraroma sedap, sesaat sebelum diangkat dari kukusan, peciki dengan sedikit minyak wijen dan taburi dengan daun ketumbar.
194.     Jika lemak sapi beraroma terlalu tajam, selama direbus tambahkan 2-3 cm jahe yang dimemarkan. Rebus hingga daging sapi setengah matang, angkat jahe dan bumbui daging sesuai selera.
195.     Untuk mengurangi aroma anyir darah ayam negeri, sebelum diolah rendam ayam beberapa saat dalam air dingin yang diberi sedikit garam. Tiriskan hingga kering lalu olah sesuai resep.
196.     Ingin membuat mendoan tempe yang lebih gurih? Tambahkan daun kucai yang diiris halus dan 1 butir kemiri yang dihaluskan dalam adonan tepung dan goreng mendoan seperti biasa.
197.     Saat membuat pepes tahu, tambahkan 1 sdm kelapa muda parut ke dalam adonan pepes dan beberapa lembar daun kemangi. Aduk rata dan matangkan seperti biasa. Pepes lebih gurih dan harum aromanya.
198.     Agar aroma kroket lebih harum dan sedap, tambahkan ½ sdt bumbu kari bubuk ke dalam adonan kentang. Aduk rata dan bentuk serta goreng seperti biasa.
199.     Ingin nasi goreng lebih sedap? Ambil beberapa lembar daun kunyit muda, iris halus. Tambahkan dalam bumbu nasi goreng dan olah nasi goreng seperti biasa.
200.     Agar ikan asin tidak terlalu banyak mengandung garam, cuci beberapa kali dengan air bersih lalu jemur hingga agak kering. Saat digoreng ikan asin lebih renyah dan garing serta tidak asin.
201.     Untuk mengurangi rasa asin pada ebi, rendam ebi dalam air panas, diamkan hingga air dingin. Bersihkan ebi lalu tiriskan. Ebi siap diolah.
202.     Untuk mendapatkan rasa pindang bandeng (berkuah) yang enak dan meresap rasanya ikuti cara berikut ini. Masak pindang dengan api kecil dan sajikan pindang bandeng sehari setelah dimasak agar rasa bumbunya lebih lekat.
203.     Agar kacang panjang tetap segar sebelum ditumis, potong-potong kacang panjang, cuci bersih lalu rendam dalam air dingin hingga saat akan diolah. Tiriskan lalu tumis seperti biasa.
204.     Simpan tempe dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam lemari es. Dengan cara ini proses fermentasinya akan terhenti dan tempe menjadi lebih tahan lama.
205.     Untuk mendapatkan nasi kebuli yang sedap, gunakan daging has kambing, beri sedikit lemaknya dan pakai beras yang pulen. Taburi nasi dengan kacang mete cincang atau almond iris.
206.     Agar gulai kambing tidak terlalu berminyak, buang lemak kambing yang berlebihan dan tambahkan beberapa buah belimbing sayur untuk mempersegar rasa dan aromanya.
207.     Untuk menjaga kualitas cooking chocolate sebaiknya simpan dalam tempat yang sejuk dan kering dengan suhu sekitar 25 C dan hindari meyimpan dalam lemari es..
208.     Permukaan cake retak dan kurang mulus? Iris bagian yang kurang bagus hingga permukaan cake jadi rata. Olesi dengan whipped cream lalu beri hiasan cokelat atau buah. Cakepun tampil lebih cantik!
209.     Vla beraroma anyir telur? Berilah beberapa tetes esen rhum atau esens almond lalu aduk rata. Aroma vla akan lebih sedap dan rasanya lebih oke.
210.     Kulit pie yang Anda buat kurang cantik? Cobalah oles bagian dalamnya dengan cokelat cair dan biarkan hingga mengeras lalu isi pie sesuai selera. Pie akan tampil cnatik dan lebih enak rasanya.
211.     Kembang tahu liat? Rendam kembang tahu kering dalam air panas selama minimal ½ jam atau hingga air perendamnya dingin. Tiriskan dan olah sesuai resep.
212.     Agar durian segar dapat disimpan lama. Bungkus durian beserta bijinya dengan kertas aluminium lalu masukkan kantong plastik. Simpan dalam freezer. Durian bisa tahan disimpan hingga 2 bulan.
213.     Jika tak ada belimbing sayur atau asam Jawa, gunakan air jeruk nipis untuk memberi rasa asam pada sayur asam atau asam-asam.
214.     Untuk menambah rasa dan aroma sedap, tambahkan sedikit gula pasir dan air jeruk nipis sebelum diangkat. Aduk rata bersama sambal lalu angkat.
215.     Agar kue keranjang tidak lengket saat dipotong, semir pisau dengan minyak sayur sebelum dipakai untuk memotong kue keranjang.
216.     Supaya baking chocolate tetap berkualitas bagus saat disimpan, bungkus cokelat dengan kertas aluminium dan masukkan kantong plastik. Cokelat tidak akan tercemar bau-bauan dalam kulkas dan tidak terkena air.
217.     Agar aroma tepung beras menjadi harum, selipkan 1 potong daun pandan dalam wadah penyimpannya. Tutup rapat dan buang daun pandan setelah mengering.
218.     Daun sawi layu karena lama disimpan dalam lemari es? Cuci bersih lalu potong dan rendam dalam air. Dalam beberapa saat daun sawi akan segar kembali.
219.     Untuk mengurangi aroma anyir paru, sebelum direbus perciki paru dengan air jeruk nipis atau air asam Jawa dan diamkan selama beberapa saat. Tiriskan lalu rebus atau bumbui sesuai selera.
220.     Ingin coba bihun goreng yang lebih renyah? Goreng bihun kering hingga mengembang dan kering, tiriskan lalu bumbui seperti biasa. Aduk hingga kering dan rata.
221.     Sebelum disimpan, celupkan brokoli sebentar dalam air mendidih, siram air dingin dan tiriskan. Bungkus dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es. Brokoli bisa tahan disimpan selama 2-3 hari.
222.     Agar kacang tolo lebih gurih saat digoreng, rendam kacang tolo dalam air dingin selama beberapa jam. Tiriskan lalu goreng dalam minyak banyak hingga kering dan matang.
223.     Untuk mendapatkan crepe atau dadar yang licin, kocok adonan dengan mikser dan tiap kali menuangkan adonan ke dalam wajan, jangan lupa aduk adonan lebih dahulu.
224.     Agar semua bahan tercampur rata, saat membuat adonan cake atau bolu jangan lupa campur atau ayak jadi satu tepung terigu dengan semua bahan kering (cokelat bubuk, rempah bubuk, vanili, soda kue, dan baking powder).
225.     Untuk mendapatkan bumbu gado-gado yang lebih gurih dan lembut rasanya, gantilah setengah bagian kacang tanah goreng dengan kacang mete goreng. Haluskan bersama bumbu lainnya.
226.     Ingin empal daging lebih legit? Ganti air perebusnya dengan air kelapa. Rebus daging bersama bumbu dan air kelapa hingga air habis dan daging empuk lalu goreng seperti biasa.
227.     Agar whipped cream lebih harum aromanya, tambahkan sedikit vanili bubuk atau esens vanili lalu kocok hingga rata.
228.     Agar rebung tidak berbau tajam, pilih bagian pucuk rebung yang muda, rebus dengan air kelapa hingga mendidih. Bilas air bersih dan rebus kembali hingga empuk. Tiriskan.
229.     Suka sirop jahe yang beraroma kuat? Rebus air dan gula pasir dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan 50 g -75 g jahe segar yang diparut hingga mendidih. Angkat dan saring lalu dinginkan.
230.     Balado terung kurang cerah warnanya? Belah terung membujur lalu potong dua. Rendam dalam air garam lalu tiriskan. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga layu. Angkat segera dan beri bumbu balado.
231.     Agar tempe dan tahu bacem agak kemerahan. Rebus tempe dan tahu dengan bumbu halus, daun salam dan air kelapa hingga bumbu meresap dan air habis.
232.     Ingin ubi goreng lebih renyah? Kupas ubi jalar, potong melintang ½ cm, rendam dalam air yang dibubuhi sedikit garam. Tiriskan, goreng hingga setengah kering. Angkat dan tiriskan. Celupkan ke dalam adonan tepung, goreng kembali hingga kering dan matang.
233.     Bosan dengan rasa dadar telur yang biasa? Cobalah tambahkan daun kucai yang diiris halus dan sedikit tauco yang dihaluskan. Kocok rata lalu buat dadar seperti biasa.
234.     Ingin perkedel kentang lebih harum? Tambahkan 2 sdm bawang merah goreng yang dihaluskan ke dalam tiap 500 g kentang halus. Aduk bersama bumbu lain, bentuk dan goreng seperti biasa.
235.     Agar satai ayam atau daging lebih lembut dan empuk sebelum dibakar, aduk dengan bumbu dan beri sedikit cuka atau air jeruk nipis. Diamkan minimal selama 15 menit lalu tusuki dan bakar di atas bara api.
236.     Untuk memberi rasa 'menggigit' pada minuman ringan atau punch buah, tambahkan air soda manis atau tawar sesaat akan disajikan.
237.     Agar kue atau cake tidak terlalu asin, jika memakai margarin, sebaiknya jangan menambahkan garam dalam adonan karena margarin sudah dibubuhi garam.
238.     Agar kentang rebus lebih enak, selagi masih panas, aduk bersama mentega lalu taburi dengan keju Parmesan parut yang dicampur dengan keju cheddar parut dan sedikit peterseli cincang.
239.     Wedang jahe bisa jadi minuman spesial. Tambahkan 1-2 batang serai dan beberapa butir cengkih dalam air dan jahe yang direbus. Bubuhi sedikit gula pasir dan gula merah secukupnya lalu rebus hingga berkurang ¼ bagian. Saring dan sajikan hangat dengan taburan kacang sangrai.
240.     Jika ingin aroma fruit cake lebih segar, tambahkan 1 sdt kulit jeruk manis atau jeruk lemon parut ke dalam adonan telur, kocok hingga rata dan tambahkan bahan lainnya seperti biasa.
241.     Aroma fruit cake akan lebih harum dengan tambahan sedikit rempah bubuk. Tambahkan masing-masing ¼ sdt - ½ sdt pala bubuk dan kayu manis bubuk atau ½ sdt bumbu spekuk ke dalam tepung terigu, aduk rata lalu campurkan ke dalam adonan.
242.     Agar manisan buah tidak tenggelam ke dasar adonan kue, jangan lupa taburi manisan buah dengan sedikit tepung terigu hingga rata dan campurkan ke dalam adonan seperti biasa.
243.     Jika tidak menyukai alkohol, perciki mixed fruit untuk fruit cake dengan sedikit air jeruk lemon dan madu lalu aduk rata dan diamkan selama beberapa jam hingga meresap.
244.     Agar mixed fruit untuk fruit cake menjadi lembut dan lembap, perciki dengan brandy, rhum atau kirsch lalu aduk hingga rata. Diamkan selama beberapa jam hingga meresap. Buah menjadi lembut dan aroma cake lebih harum.
245.     Cobalah sajian lain dari buah pepaya. Potong-potong pepaya masak pohon, blender hingga lembut, campur dengan susu cair, agar-agar bubuk dan gula pasir. Rebus hingga mendiih dan kental. Cetak sesuai selera. Jadilah puding pepaya yang lezat!
246.     Ingin sambal lebih gurih? Tambahkan 1 sdm teri Medan tawar yang sudah digoreng kering ke dalam sambal terasi. Aduk sambil tekan hingga agak memar. Perciki sedikit air jeruk nipis sambil aduk rata. Sajikan segera.
247.     Bosan dengan hidangan bersantan seusai Lebaran? Cobalah sayur bening yang ringan dan segar rasanya. Gunakan daun bayam atau daun katuk, oyong, labu kuning atau jagung manis sebagai campurannya. Sajikan untuk sekali santap agar tetap segar.
248.     Agar hati ayam atau sapi tidak anyir saat diolah menjadi sambal goreng, sebelum dibumbui, perciki dengan air jeruk nipis lalu diamkan sebentar. Goreng hingga agak kering, tiriskan lalu bumbui seperti biasa.
249.     Agar tidak cepat basi atau asam rasanya, saat memanaskan kembali sayur gurih atau sayur godog, gunakan api kecil dan jangan menutup panci. Setelah mendidih bergolak, matikan api. Jangan menutup panci sampai sayur benar-benar dingin.
250.     Jika akan menghangatken ketupat atau lontong, taruh ketupat atau lontong dalam dandang panas dan kukus selama 15 menit. Angkat dan biarkan hingga uapnya hilang.
251.     Ingin tumis sayuran lezat dan renyah? Gunakan api besar saat menumis dan tambahkan garam sesaat akan diangkat agar sari sayuran keluar dan warna sayuran tetap cerah.
252.     Ketika akan memanggang kue kering atau biskuit, semir loyang tipis-tipis dengan margarin agar kue kering tidak terlalu berminyak. Jika kue cukup berlemak sebaiknya tak usah menyemir loyang.
253.     Agar ikan bakar aromanya harum dan tidak hancur dagingnya, perciki selalu ikan dengan air jeruk nipis sebelum dibakar. Alasi panggangan dengan daun pisang dan jangan terlalu sering membalik-balik ikan saat dibakar.
254.     Saus vla puding Anda menggumpal ? Saring vla dengan saringan halus sambil tekan-tekan agar gumpalannya hancur. Aduk rata lalu jerangkan kembali di atas api kecil hingga licin.
255.     Saat mengocok putih telur ayam, pastikan putih telur bersuhu ruangan dan wadah dalam keadaan bersih dan kering. Kocoklah sesaat akan dicampurkan dalam adonan kue agar tidak berair atau kempes.
256.     Agar ampela ayam lebih empuk dan sedap aromanya, sebelum diolah, kukus ampela ayam yang sudah bersih dengan 1 potong jahe segar yang dimemarkan hingga ampela setengah matang.
257.     Untuk mengurangi aroma tajam daging ayam negeri/broiler, sebelum diolah lumuri daging ayam dengan sedikit jahe parut dan perciki dengan air jeruk nipis. Tiriskan lalu olah sesuai resep Anda.
258.     Brown sugar dalam resep kue kering dan cake bisa diganti dengan gula pasir. Gantilah 125 g brown sugar dengan 125 g gula pasir yang dicampur dengan 1 sendok makan madu.
259.     Nasi goreng akan lebih lezat jika nasinya tak terlalu lembek atau sedikit garing. Karena itu jangan memakai nasi yang baru ditanak, pakailah nasi yang sudah semalam diinapkan atau simpan nasi dalam lemari es sebelum diolah menjadi nasi goreng.
260.     Sup terlalu banyak kuah atau encer ? Kocok 1 butir telur bersama 1 sendok teh tepung maizena. Tuangkan ke dalam sup mendidih sambil aduk cepat hingga telur berserabut dan matang. Hasilnya, sup menjadi kental sekaligus gurih.
261.     Untuk memperoleh santan yang banyak dan putih bersih, pilih kelapa sedang tuanya, kupas kulit arinya lalu parut. Peras kelapa parut dengan air hangat agar santan yang ke luar lebih banyak.
262.     Ingin menyimpan durian dan beebas dari bau yang tajam ? Bungkus daging buah durian berikut bijinya dengan kertas aluminium, masukkan ke dalam wadah, tutup rapat dan simpan dalam freezer. Saat akan dimakan, keluarkan dari freezer dan diamkan dalam suhu ruangan hingga lumer.
263.     Tahu segar dapat tahan disimpan beberapa hari. Cuci tahu dengan air bersih, tiriskan lalu masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es. Atau rendam tahu dalam air matang lalu simpan dalam lemari es.
264.     Agar telur dadar lebih lembut dan harum, tambahkan 1 sendok makan tepung terigu dan ½ sdt bawang putih parut ke dalam 2 butir telur kocok. Kocok hingga rata dan bubuhi bumbu lain sesuai selera.
265.     mendapatkan kaldu udang yang gurih, sangrai atau panggang kulit, dan kepala udang hingga kering dan harum. Angkat lalu rebus dengan air secukupnya di atas api kecil hingga mendidih dan airnya berkurang ¼ bagian.
266.     Untuk mendapatkan roti tawar yang selalu segar dan harum, caranya mudah. Masukkan roti tawar ke dalam kantong plastik, tutup rapat, simpan dalam freezer. Jika akan disantap, keluarkan dari freezer, diamkan beberapa saat hingga bersuhu ruangan.
267.     Agar daging sapi mudah diiris tipis, simpan potongan daging sapi selama 1 jam dalam freezer hingga agak keras. Keluarkan lalu iris melintang serat tipis-tipis. Hasilnya irisan lebih rapi dan mudah.
268.     Jika akan menyajikan minuman dingin, sebaiknya simpan gelas-gelas dalam freezer selama 1-2 jam hingga dingin dan berembun. Tuangkan minuman dingin, rasanya menjadi lebih segar dan awet dinginnya.
269.     Saat akan membuat kue Anda kehabisan baking powder ? Sebagai pengganti 1 sendok teh baking powder, campurkan ¼ sendok teh soda kue dan ½ sendok teh cream of tartar hingga rata.
270.     Tungku kompor gas Anda terkena noda makanan hangus ? Taburi noda atau bagian yang berkerak dengan abu gosok Gosok kuat-kuat dengan lap yang sudah dibasahi air hangat lalu lap kembali dengan lap bersih.
271.     Agar kembang kol atau brokoli tidak cepat busuk atau berbercak, bungkus dengan kertas hingga rapat lalu simpan dalam lemari es.
272.     Ada sisa roti tawar ? Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong lalu panggang hingga kering. Jadilah camilan gurih atau teman makan sup yang enak.
273.     Saat mencincang bawang putih, bubuhi sedikit garam agar bang putih bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet.
274.     Jika Anda akan menyimpan makanan matang dalam lemari es, jangan lupa tutup dengan selembar plastik atau taruh dalam wadah tertutup. Karena jika terkena udara dingin cairan dalam makanan akan terdorong ke luar dan makanan menjadi kering.
275.     Saat membuat kue, kuning telur bersisa banyak ? Masukkan dalam wadah, bubuhi sedikit gula pasir, aduk rata lalu simpan dalam freezer. Jika ingin memakainya, lumerkan dalam suhu ruangan.
276.     Agar kacang kedelai dan beras ketan bebas dari kutu saat disimpan lama, tambahkan 1 atau 2 buah cabai merah kering dalam wadah penyimpannya lalu tutup rapat.
277.     Ingin menyimpan santan? Rebus santan dengan sedikit garam lalu dinginkan. Taruh dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Santan tahan disimpan hingga 1 bulan.
278.     Setelah kroket dilapisi tepung panir, simpan dalam lemari es selama 30 menit agar lapisan tepung panirnya melekat sempurna. Goreng dalam minyak banyak dan hasilnya kroket menjadi lebih mulus dan minyak bekas menggorengpun tidak kotor.
279.     Ingin rasa saus tomat botolan yang lebih sedap? Tambahkan 1 sdt peterseli cincang halus atau seledri cincang halus untuk tiap 5 sdm saus tomat botolan.
280.     Agar daun teh kering tidak mudah berjamur atau tercemar bau-bauan, taruh daun teh dalam wadah kering bertutup rapat. Simpan wadah di tempat yang sejuk dan kering, tetapi jangan dalam lemari es.
281.     Dalam pembuatan kue, ayak gula bubuk sebanyak dua kali agar benar-benar terurai sehingga mudah larut saat dikocok. Karena gula bubuk yang dijual biasanya dicampur dengan tepung maizena dan bergumpal.
282.     Sebelum dihaluskan, sangrai atau bakar kemiri hingga agak kecokelatan. Kemiri menjadi lebih gurih dan harum aromanya.
283.     Saat membuat keripik kentang, rendam 1 kg irisan kentang dalam air bersih yang dibubuhi 2 sdm air kapur sirih. Biarkan beberapa saat, tiriskan lalu goreng dalam minyak banyak hingga kuning keemasan. Hasilnya keripik lebih garing dan renyah.
284.     Untuk memperoleh ketan yang lembut dan legit, setelah dicuci, rendam beras ketan minimal 3 jam selama dalam air dingin. Tiriskan lalu buat aronan dan kukus hingga matang.
285.     Sebelum mencincang bawang putih, memarkan dahulu bawang putih berikut kulitnya agar aroma yang terdpat di bagian tengah bawang putih ke luar lalu kupas dan cincang halus atau kasar sesuai kebutuhan resep Anda.
286.     Untuk memperoleh nasi yang lebih pulen dan lembut, tambahkan 2 sdm beras ketan putih pada tiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis beras lalu olah seperti biasa.
287.     Aroma daging ayam ras/broiler biasanya sangat tajam dan khas. Untuk mengurangi aroma ini, lumuri tiap 1 kg potongan daging ayam ras dengan 1 sdt bawang putih parut dan 1 sdt jahe parut. Diamkan minimal selama 30 menit, tiriskan lalu olah sesuai resep Anda.
288.     Agar gula merah atau gula Jawa tidak mudah leleh waktu disimpan, taruh gula Jawa dalam wadah kering bertutup dan simpan dalam lemari es. Gula Jawa akan tetap kering dan lebih tahan lama.
289.     Saat mengolah udang segar, baik direbus maupun digoreng, pilih udang yang benar-benar segar. Gunakan api sedang, jika daging udang sudah berwarna kemerah-merahan segera angkat. Jika terlalu lama dimasak di atas api daging udang akan liat dan rasanya kurang gurih.
290.     Sebelum mencampurkan tepung terigu dalam adonan kue, ayaklah dua hingga tiga kali agar lebih banyak udara tertangkap oleh tepung. Hasilnya, tepung terigu lebih terurai dan mudah bercampur dengan adonan telur saat diaduk.
291.     Untuk memperoleh biji ketumbar yang harum baunya, pilih biji ketumbar yang tua yaitu utuh dan agak besar. Sangrai biji ketumbar lalu simpan dalam wadah bertutup. Haluskan ketumbar sejumlah yang diperlukan agar aromanya selalu harum dan segar.
292.     Agar kering tempe hasilnya renyah dan tidak hancur saat digoreng, pilih tempe berkualitas bagus. Potong-potong tempe lalu jemur sebentar di bawah sinar matahari agar tidak terlalu lembab. Setelah agak kering, goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan lalu tiriskan.
293.     Sebelum mengolah mi basah/segar, siram dahulu mi dengan air panas agar minyak yang berlebihan, kotoran, dan air abu yang melekat larut bersama air. Tiriskan mi lalu bumbui sesuai resep Anda.
294.     Agar sayuran dalam salad renyah dan segar, cuci bersih sayuran lalu lap hingga kering. Masukkan ke dalam kantong plastik atau wadah dan simpan dalam lemari es selama 1 jam sebelum disajikan.
295.     Saat mengaduk adonan pie, gunakan ujung-ujung jari dan jangan menekan dengan telapak tangan. Tekanan yang terlalu kuat atau panas telapak tangan akan membuat adonan menjadi bantat atau keras dan tidak renyah.
296.     Kembang kol dan brokoli bisa disimpan dalam lemari es selama 1 minggu. Bungkus kembang kol atau brokoli dengan kertas sebelum disimpan dalam lemari es agar kuntumnya tidak cepat busuk atau rusak terkena tetesan air.
297.     Untuk mendapatkan orak-arik telur (scramble eggs) yang gurih dan lembut rasanya, tambahkan 2 sdm susu cair atau 1 sdm krim untuk tiap 4 butir telur. Gunakan mentega untuk menggoreng agar aroma dan rasanya lebih gurih.
298.     Tambahkan 5 cm kayu manis pada saat mengaron nasi. Atau masukkan kayu manis tersebut dalam beras yang sudah diberi air di dalam rice cooker. Masak beras hingga matang. Aroma nasi menjadi lebih harum dan legit.
299.     Ingin membuat kaldu udang yang lezat ? Cuci bersih kepala dan kulit udang. Sangrai atau panggang hingga kering. Tambahkan air secukupnya, garam, merica, dan 2 siung abwang putih memar. Masak hingga air berkurang setengahnya. Saring dan olah sesuai resep.
300.     Untuk membersihkan kerak bumbu atau bahan makanan yang terselip di pisau blender atau grinder, masukkan 2-3 potong kecil roti tawar. Jalankan blender atu grinder beberapa saat. Kerak atau kotoran akan terangkat bersama roti halus.
301.     Bosan dengan sambal bajak yang klasik ? Cobalah beri sentuhan aroma yang asyik. Tambahkan 1 sendok makan daun kemangi cincang atau daun ketumbar cincang sesaat sebelum sambal diangkat dari api. Aduk rata hingga layu lalu angkat segera.
302.     Bosan dengan sambal bajak yang klasik ? Cobalah beri sentuhan aroma yang asyik. Tambahkan 1 sendok makan daun kemangi cincang atau daun ketumbar cincang sesaat sebelum sambal diangkat dari api. Aduk rata hingga layu lalu angkat segera.
303.     Untuk menambahkan rasa gurih pada soto ayam, sesaat sebelum disajikan, taburi soto ayam dengan kelapa parut sangrai dan kedelai putih goreng. Soto akan tampil lebih unik, tak membosankan, dan lezat.
304.     Agar cepat lunak, rendam kacang kedelai, kacang merah kering, kacang tolo kering dalam air dingin selama beberapa jam. Tiriskan lalu rebus dalam air secukupnya hingga empuk.
305.     Ingin membuat tiruan wine yang segar ? Campurlah sari/jus buah anggur tanpa alcohol siap pakai yang sudah didinginkan dengan air soda tawar dingin. Aduk rata dan sajikan segera.
306.     Jika Anda tidak mengkonsumi alkohol, sebagai pengganti rhum, rendam buah kering dalam air teh yang kental. Seduh teh dalam air panas hingga kental, tuangkan ke dalam campuran buah kering dan biarkan beberapa saat hingga mengembang lalu tiriskan.
307.     Untuk memperkaya rasa ayam goreng tepung, tambahkan daun seledri cincang atau tambahkan keju Parmesan parut dalam tepung berbumbu. Aduk hingga rata lalu lapisi potongan ayam dengan tepung berbumbu seperti biasa. Kecuali renyah, rasanya akan lebih enak.
308.     Rebus beberapa saat limpa sapi dalam air mendidih hingga keras lalu angkat dan bumbui sesuai resep. Jangan merebus limpa langsung dalam kaldu berbumbu karena darah yang ke luar akan membuat keruh kaldu dan aromanya menjadi anyir.
309.     Rebus beberapa saat limpa sapi dalam air mendidih hingga keras lalu angkat dan bumbui sesuai resep. Jangan merebus limpa langsung dalam kaldu berbumbu karena darah yang ke luar akan membuat keruh kaldu dan aromanya menjadi anyir.
310.     Sebelum dipakai, rendam beberapa saat tusuk satai dari bambu dalam air dingin. Angkat lalu lap hingga kering dan tusuki potongan daging sapi, daging ayam atau ikan dengan tusuk satai. Saat dibakar di atas bara api tusuk satai tidak mudah terbakar karena lembab.
311.     Agar adonan pisang goreng menjadi renyah, untuk tiap 150 g tepung terigu tambahkan 1 sendok makan tepung beras, dan 1 sendok teh soda kue. Campur bersama bahan lain dan tambahkan potongan pisang sesaat akan digoreng.
312.     Roti tawar yang sudah disimpan 2 hari biasanya agak keras. Untuk mengempukkan kembali, taruh roti dalam wadah lalu kukus selama 15 menit hingga roti tawar lembab kembali. Roti menjadi lembut dan empuk kembali.
313.     Membuat selai nanas yang legit ? Caranya mudah. Masak nanas tua yang sudah diparut halus di atas api sedang. Jika air nanas sudah habis. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil aduk hingga selai kental.
314.     Kentang yang Anda beli ternyata masih muda dan hancur saat dikukus atau digoreng? Tambahkan saja 2 putih telur ayam yang dikocok kaku, garam, dan merica bubuk lalu aduk rata. Panggang hingga kuning keemasan. Jadilah sajian baru yang lezat.
315.     Untuk menambahkan aroma wangi wedang jahe, tambahkan 1-2 batang serai yang dimemarkan dan 2-3 butir cengkih. Rebus hingga airnya berkurang seperempat bagian. Selain harum, wedang jahe lebih 'hangat' dan sedap.
316.     Jika tak ada daun pisang, daun jagung bisa dipakai sebagai pembungkus pepes. Pilih lapisan daun jagung yang ada di bagian dalam dekat biji jagung dan lembut. Cuci bersih lalu lap hingga kering. Pakai sebagai pengganti daun pisang.
317.     Agar aroma hati sapi tidak terlalu anyir saat diolah, sebelumnya perciki dengan sedikit air jeruk nipis dan diamkan beberapa saat. Atau lumuri dengan sedikit jahe parut lalu olah sesuai resep.
318.     Daun bawang, daun seledri, dan peterseli mudah sekali layu saat disimpan. Sebelum disimpan, cuci bersih, perciki sedikit air lalu bungkus dengan kertas atau masukkan dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es.
319.     Ingin kopi lebih wangi aromanya ? Selagi masih panas, taburi air kopi dengan sedikit kayu manis bubuk lalu aduk rata. Atau aduk-aduk air kopi dengan batang kayu manis dan biarkan terendam beberapa saat.
320.     Talenan plastik atau kayu berbau kurang sedap setelah dipakai untuk memotong udang atau ikan. Untuk mengatasinya, gosok-gosok kedua sisi talenan dengan sepotong jeruk lemon atau jeruk nipis lalu bilas air bersih dan keringkan.
321.     Agar ikan asin lebih renyah dan tak terlalu asin. Rendam dahulu dalam air panas hingga garamnya larut. Tiriskan hingga kering lalu taburi tepung terigu dan goreng hingga kering dan renyah.
322.     Punya sisa makaroni atau spaghetti rebus ? Potong-potong, campurkan ke dalam sup ayam atau sayuran yang Anda buat atau padukan dengan selada sayuran. Jadilah sajian baru yang memikat selera.
323.     Minuman bersoda dapat tampil istimewa terutama buat si kecil. Taruh minuman bersoda dalam gelas-gelas beri es batu lalu taburi chocolate chips, potongan cokelat atau permen cokelat warna-warni.
324.     Ingin membuat kaldu udang yang lezat ? Cuci bersih kepala dan kulit udang. Sangrai atau panggang hingga kering. Tambahkan air secukupnya, garam, merica, dan 2 siung abwang putih memar. Masak hingga air berkurang setengahnya. Saring dan olah sesuai resep.
325.     Untuk membersihkan kerak bumbu atau bahan makanan yang terselip di pisau blender atau grinder, masukkan 2-3 potong kecil roti tawar. Jalankan blender atu grinder beberapa saat. Kerak atau kotoran akan terangkat bersama roti halus.
326.     Simpan wadah dan pengocok kawat dalam lemari es hingga dingin benar sebelum dipakai mengocok krim. Dengan peralatan bersuhu dingin krim akan lebih cepat kental. Atau taruh wadah berisi krim dalam mangkuk berisi es batu, kocok krim seperti biasa.
327.     Saat menyimpan taoge segar, buang ujung akarnya lebih dahulu lalu bungkus kertas dan simpan dalam lemari es. Taoge segar tahan sampai 3 hari. Jangan mencuci taoge karena air akan membuat akar taoge cepat busuk.
328.     Untuk mendapatkan jagung rebus yang lembut dan legit, pilih jagung yang tidak terlalu tua, kupas kulitnya. Tambahkan 2 sdt madu dan 1 sdt margarin dalam air perebusnya. Rebus hingga lunak lalu tiriskan segera.
329.     Agar bumbu pecel tidak terlalu berminyak, sebaiknya jangan menggoreng kacang tanah yang akan dihaluskan. Sangrai kacang di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga matang, kupas kulit arinya lalu tumbuk halus bersama bumbu lainnya.
330.     Telur ayam memerlukan pengolahan yang tepat suhunya karena mudah sekali matang dan jika terlalu matang akan menjadi liat. Karena itu gunakan selalu telur ayam yang bersuhu ruangan saat akan direbus, digoreng, atau dikocok dalam adonan kue.
331.     Buah avokad masih keras meskipun sudah masak pohon? Perciki dengan air dingin lalu simpan di tempat gelap dan sejuk, misalnya dalam kotak penyimpan beras. Dalam 1-2 hari avokad akan lembut dan siap disantap.
332.     Agar aroma dan rasa melon lebih segar, perciki potongan buah melon dengan sedikit air jeruk nipis atau jeruk lemon dan aduk rata. Simpan melon dalam lemari es hingga dingin lalu sajikan.
333.     Saat diseduh biasanya bihun kering mengeluarkan bau apek. Untuk menghilangkan bau apek ini, tetesi air penyeduhnya dengan 1-2 tetes minyak wijen. Biarkan hingga bihun agak lunak lalu tiriskan segera. Bihun tidak lengket dan baunya lebih harum.
334.     Untuk mengurangi aroma anyir kerang, pilih kerang yang segar, cuci sambil sikat bersih kotoran yang melekat pada cangkangnya. Rebus dalam air mendidih yang dibubuhi sedikit garam dan sepotong jahe memar. Jika cangkangnya sudah terbuka, angkat kerang dan tiriskan.
335.     Pisang kepok atau pisang tanduk yang Anda beli kurang legit? Kupas pisang lalu rebus bersama air secukupnya, tambahkan gula merah, sedikit gula pasir, dan daun pandan hingga pisang lunak. Pisang akan lebih lembut, legit, dan harum.
336.     Untuk memperoleh kaldu ikan yang segar, rebus 750 g tulang-tulang dan kepala ikan kakap atau kerapu dalam 2 liter air bersama 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 lembar duan jeruk purut, 1 sdt merica butiran, dan 2 siung bawang putih yang dimemarkan. Rebus dengan api kecil hingga kaldu berkurang setengah bagian.
337.     Kopi bubuk menjadi tak sedap jika aromanya hilang. Agar lebih awet aromanya, taruh kopi bubuk dalam wadah bertutup rapat lalu simpan dalam lemari es. Tiap kali dipakai jangan lupa tutup kembali rapat-rapat wadahnya.
338.     Sebagai pengganti daun pepaya, untuk mengempukkan daging kambing, gunakan buah nanas atau jeruk nipis. Lumuri tiap 500 g daging dengan 75 g nanas parut atau 1-2 sdm air jeruk nipis dan diamkan selama 1 jam sebelum diolah.
339.     Jika kacang panjang yang Anda beli agak layu, cuci segera dalam air bersih yang dingin. Potong-potong lalu rendam dalam air bersih dingin yang dibubuhi sedikit air jeruk nipis. Setelah beberapa saat kacang panjang akan kembali segar.
340.     Pada waktu membuat cake untuk lapis Surabaya atau cake belapis lainnya, alasi selalu dasar loyang dengan selembar kertas roti. Setelah matang, kertas dapat dengan mudah dikupas. Hasilnya cake tetap utuh, lembap, dan cantik.
341.     Saat membeli cumi-cumi segar, perhatikan kulit ari dan kepalanya. Pilih yang kulit arinya masih lekat, bening, berwarna agak keputihan. Demikian juga kepala cumi masih lekat dan matanya bening. Aromanya harus segar dan tidak busuk atau anyir.
342.     Agar rempeyek lebih renyah dan garing, jangan lupa tambahkan 1 sdt air kapur sirih dalam adonannya. Aduk selalu adonan tiap kali akan dituang dalam wajan agar kentalnya merata dan tetap.
343.     Ulat sayuran sering bersembunyi dalam kuntum brokoli dan kembang kol. Agar ulat mati atau ke luar, cuci brokoli/kembang kol di bawah air mengalir dengan kuntum menghadap ke bawah. Lepaskan kuntumnya lalu rendam dalam air yang dibubuhi garam.
344.     Agar kaldu sup iga tidak terlalu berminyak, buang lemak berlebihan yang melekat pada potongan daging sapi/iga sapi sebelum direbus. Gunakan sedikit minyak untuk menumis bumbunya.
345.     Agar dapat mengembang sempurna, saat menggoreng donat gunakan minyak panas dan api sedang. Jika salah satu sisinya sudah kecokelatan lalu balik. Jangan terlalu sering membalik-balik donat, cukup dua kali saja.
346.     Jika adonan cake memakai cairan (mentega air, susu, atau sari buah), saat mencampur selalu lakukan bergantian dengan tepung terigu agar adonan bisa beremulsi dengan baik. Pada tahap paling akhir, masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata.
347.     Untuk mengurangi rasa pedas cabai merah, buang biji cabai lalu iris kasar. Taburi dengan sedikit garam dan biarkan beberapa saat. Bilas dua kali dengan air bersih dan olah sesuai resep Anda.
348.     Tepung beras mudah sekali apek dan berkutu. Karena itu, taruh 1-2 buah cabai merah kering dalam wadah penyimpannya lalu simpan dalam lemari es. Dengan cara ini tepung beras lebih tahan lama dan tetap kering.
349.     Saat menyimpan gula palem, tambahkan 1-2 potong kayu manis. Taruh di tempat yang sejuk dan kering. Hasilnya, gula palem tidak menggumpal dan aromanya harum.
350.     Ingin ayam goreng yang legit dan harum? Gantilah air perebus ayam dengan air kelapa. Kurangi sedikit jumlah gulanya dan masak hingga daging ayam lunak lalu goreng ayam hingga kering.
351.     Panci aluminium Anda berkerak dan kusam ? Taruh kulit apel secukupnya dalam panci, beri air lalu rebus beberapa saat. Buang air dan kulit apel, gosok-gosok panci dan cuci bersih. Panci akan kembali mengilap dan bersih.
352.     Saat membeli udang segar, perhatikan kulit dan kepala udang. Pilih yang kulitnya masih bening dan lekat demikian pula kepalanya. Setelah dibersihkan dan dicuci, perciki dengan sedikit air jeruk nipis agar tidak
353.     Untuk membuat kaldu ikan yang lezat, gunakan tulang, kulit, dan kepala ikan kakap/tenggiri/kerapu. Cuci bersih, tiriskan lalu perciki sedikit air jeruk nipis agar tidak anyir. Panggang hingga kering lalu rebus dalam air secukupnya.
354.     Ingin sensasi rasa minuman cola yang baru? Tambahkan 1 sdt air jeruk nipis/lemon dalam segelas minuman cola. Beri es batu, aduk rata. Rasanya lebih seru dan asyik!
355.     Jika kehabisan kemiri, gunakan kacang tanah yang sudah dikupas atau kacang mete dalam jumlah yang sama sebagai pengganti. Haluskan bersama bumbu lainnya dan olah sesuai resep.
356.     Agar getuk singkong pulen dan lembut, pakai singkong yang baru dicabut. Kukus singkong hingga mekar dan empuk. Haluskan singkong saat masih panas hingga terbentuk adonan yang lembut.
357.     Untuk memperoleh kroket yang renyah dan gurih, gunakan tepung roti yang terbuat dari roti putih. Selain warnanya kuning cnatik rasanya juga lebih gurih.
358.     Ingin beef burger lebih gurih? Lumuri beef burger dengan tepung terigu yang dicampur dengan sedikit merica bubuk lalu goreng seperti biasa.
359.     Untuk memperoleh kaldu ikan yang segar, rebus 750 g tulang-tulang dan kepala ikan kakap atau kerapu dalam 2 liter air bersama 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 lembar duan jeruk purut, 1 sdt merica butiran, dan 2 siung bawang putih yang dimemarkan. Rebus dengan api kecil hingga kaldu berkurang setengah bagian.
360.     Agar daun pisang tidak mudah sobek saat dipakai untuk membungkus, panaskan daun pisang sebentar di atas bara api atau di bawah sinar matahari hingga agak lemas. Jangan lupa balik-balik agar kedua sisinya layu.
361.     Untuk menyerap aroma anyir, tambahkan 1 siung bawang putih yang dimemarkan dan 1 cm jahe segar yang dimemarkan ke dalam air perebus kepiting.
362.     Aroma kulkas atau oven kurang sedap? Ambil 2 sdm kopi bubuk, taruh dalam wadah terbuka dan masukkan ke dalam oven atau kulkas. Biarkan selama 1-2 hari agar aroma terserap oleh kopi.
363.     Saat mengocok putih telur sebagai campuran kue atau puding pastikan wadah yang Anda pakai bebas dari minyak atau lemak dan dalam keadaan kering benar. Agar putih telur menjadi kaku dan tidak 'pecah'.
364.     Agar aroma langu kacang tanah tidak terlalu tajam, sangrai atau panggang kacang tanah sebentar hingga agak kecokelatan lalu cincang atau haluskan. Kue atau penganan menjadi lebih gurih rasa dan aromanya.
365.     Bosan dengan aroma kopi? Tambahkan sedikit kayu manis bubuk atau cengkih bubuk saat menyeduh kopi. Kopi menjadi lebih harum semerbak.
366.     Untuk memperoleh kaldu ikan yang segar, rebus 750 g tulang-tulang dan kepala ikan kakap atau kerapu dalam 2 liter air bersama 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 lembar duan jeruk purut, 1 sdt merica butiran, dan 2 siung bawang putih yang dimemarkan. Rebus dengan api kecil hingga kaldu berkurang setengah bagian.
367.     Sebelum dicampurkan dalam kolak, rebus kolang-kaling bersama daun pandandan seidkit vanili agar aromanya harum dan tidak berlendir.
368.     Supaya adonan kulit pie tidak berminyak dan mudah dibentuk, simpan adonan selama 30 - 45 menit dalam lemari es.
369.     Aduk adonan kue selalu dari arah bawah ke atas sehingga mudah tercampur rata dan adonan tidak turun. Jangan mengaduk dengan arah memutar.
370.     Sebelum direbus, rendam kacang hijau dan kacang merah kering dalam air dingin selama 3 jam agar lebih cepat empuk dan mekar saat direbus.
371.     Agar tercampur rata dan sempurna, ayak terigu bersama bahan kering seperti baking powder, soda kue, vanili bubuk, atau rempah bubuk.
372.     Jika tak habis diolah, masukkan tempe mentah dalam kantong plastik. Simpan dalam lemari es. Tempe tahan simpan hingga 2 hari.
373.     Agar rempeyek lebih renyah dan garing, jangan lupa tambahkan 1 sdt air kapur sirih dalam adonannya. Aduk selalu adonan tiap kali akan dituang dalam wajan agar kentalnya merata dan tetap.
374.     Untuk mendapatkan kacang hijau yang empuk dan lembut, cuci bersih biji kacang hijau kering, rendam dalam air dingin yang dibubuhi sedikit soda kue. Biarkan selama 1 -2 jam, bilas air bersih lalu rebus dengan air secukupnya.
375.     Agar tahu putih atau tahu kuning lebih awet, cuci tahu lalu kukus selama 20 menit dalam dandang panas. Dinginkan lalu simpan dalam wadah bertutup di lemari es. Tahu tahan disimpan lebih dari 3 hari.
376.     Masukkan sedikit cincangan daun mint dalam cetakan es batu. Tuangi air jeruk lemon atau jeruk nipis yang sudah dilarutkan dengan sedikit air lalu bekukan. Tambahkan es batu berdaun mint ini dalam es teh yang Anda buat. Rasanya pasti lebih segar dan enak.
377.     Agar bolu untuk kue lapis Surabaya atau lapis krim tetap lurus sisi-sisinya saat sudah dingin, olesi loyang kue hanya bagian bawah saja. Olesan margarin di sisi loyang akan menarik bolu sehingga menjadi berkerut saat dingin.
378.     Ingin sayuran rebus untuk pecel, gado-gado atau lalapan tetap hijau dan cantik ? Masukkan sayuran dalam panci bertekanan (pressure cooker), beri sedikit air. Rebus selama 10 menit sejak panci berdesis. Hasilnya sayuran lunak dan tetap cantik warnanya.
379.     Pisang sudah terlalu masak tetapi belum sempat mengolah? Potong-potong pisang, perciki air jeruk nipis. Taruh dalam wadah bertutup, simpan dalam freezer. Jika diperlukan Anda bisa mengolahnya menjadi pie atau cake pisang
380.     Kelapa atau kunyit sering kali sulit dihilangkan dari sela-sela parut. Ambil sepotong roti tawar, gosok-gosokkan di parut hingga kotoran yang melekat dan terangkat.
381.     Panci aluminium berkerak dan kusam? Tuangi panci dengan air bersih beri 2 sdt cream of tartar dan masak air hingga mendidih beberapa saat. Buang air lalu cuci panci seperti biasa.
382.     Agar lebih mudah dikupas, kukus labu kuning lebih dahulu hingga lunak. Setelah dingin, kupas kulitnya.
383.     Ingin sensasi rasa minuman cola yang baru? Tambahkan 1 sdt air jeruk nipis/lemon dalam segelas minuman cola. Beri es batu, aduk rata. Rasanya lebih seru dan asyik!
384.     Sup krim kurang kental dan gurih ? Kocok satu butir telur ayam lalu tuangkan perlahan ke dalam sup mendidih sambil aduk hingga telur berserabut halus dan matang.
385.     Agar pisang goreng lebih renyah, taburi potongan pisang dengan sedikit tepung terigu sebelum dicelupkan dalam adonan lalu goreng seperti biasa.
386.     Agar aroma es krim tetap segar, setelah dibuka dan tidak habis dikonsumsi, tutup wadah es krim rapat-rapat dan simpan kembali dalam freezer. Es krim mudah sekali menyerap aroma dalam freezer.
387.     Buat sajian es teh lemon lebih istimewa. Tuangkan jus jeruk lemon dalam cetakan es batu lalu bekukan. Siapkan larutan teh dan gula, tambahkan jus jeruk lemon beku dan daun mint segar.
388.     Ingin minuman kopi lebih oke ? Tambahkan 2 sdt krim saat menyeduh 1 cangkir kopi. Taburi ¼ sdt kayu manis bubuk lalu aduk rata. Aroma kopi lebih harum dan rasanya lebih enak.
389.     Saat membuat pepes, untuk mengurangi aroma lumpur atau tanah pada ikan mas, masukkan 1 potong serai dan 1 lembar daun salam di rongga perut ikan. Oleh sesuai resep.
390.     Untuk menyerap aroma anyir, tambahkan 1 siung bawang putih yang dimemarkan dan 1 cm jahe segar yang dimemarkan ke dalam air perebus kepiting.
391.     Agar limpa sapi tidak membuat keruh kuah soto, rebus limpa terpisah bersama selembar daun salam. Aroma limpa tidak anyir dan kuah soto tetap bersih.
392.     Untuk mengurangi bau langu jagung muda, sebelum diolah, rebus sebentar dalam air yang dibubuhi sedikit gula pasir dan selembar daun jeruk purut.
393.     Jangan menambahkan air saat menumis sayuran, gunakan api besar dan tutup wajan. Biarkan hingga sayuran layu dan keluar airnya. Warna sayuran lebih cantik, rasanya renyah.
394.     Sebelum menggoreng hati ayam, lumuri hati ayam dengan sedikit air jeruk nipis dan bawang putih halus. Diamkan beberapa saat lalu goreng hingga matang. Aroma hati ayam lebih sedap dan rasanya lebih lezat.
395.     Jika kacang panjang layu, rendam segera dalam air dingin atau air yang diberi potongan es batu, diamkan beberapa saat. Kacang panjang akan segar kembali dan siap diolah.
396.     Agar cake bentuknya cantik, tidak mengkerut di tengah, alasi bagian dasar loyang dengan kertas roti dan semir margarin. Jangan menyemir bagian pinggir loyang dengan margarin agar cake tidak mengkerut.
397.     Untuk memberi rasa renyah dan gurih pada adonan pisang goreng, tambahkan 1 sdm tepung beras untuk tiap 100 g tepung terigu yang dipakai.
398.     Sebelum kemiri dihaluskan, sangrai lebih dahulu hingga agak kering. Kecuali aromanya lebih harum, kemiri juga akan lebih berminyak dan gurih.
399.     Untuk mendapatkan wedang jahe yang harum, tambahkan 1 batang serai, 2 butir cengkih, dan 1 lembar daun pandan untuk tiap 1,5 liter air jahe.
400.     Agar tekstur dan kualitas daging cincang tak berubah, sebelum disimpan dalam freezer, bungkus daging cincang rapat-rapat dalam kantong plastik.
401.     Untuk memberi rasa renyah dan gurih pada adonan pisang goreng, tambahkan 1 sdm tepung beras untuk tiap 100 g tepung terigu yang dipakai.
402.     Agar bakso ikan (siap pakai) lebih lembut rasanya dan harum aromanya, kukus atau rebus dahulu selama 15 menit sebelum diolah. Bubuhi air perebus dengan beberapa tetes minyak wijen.
403.     Untuk mengurangi bau yang tajam dari daging ayam negeri, lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis dan bawang putih. Diamkan beberapa saat lalu tiriskan dan oleh sesuai resep.
404.     Agar dendeng sapi tidak cepat hangus saat digoreng, potong-potong dendeng lalu rendam dalam air hangat yang dibubuhi sedikit garam. Diamkan beberapa saat lalu tiriskan dan goreng.
405.     Ingin sajian jus buah yang asyik? Tuangkan jus buah dalam lubang-lubang cetakan es batu lalu bekukan. Setelah beku, lepaskan dari cetakan, taruh di gelas saji dan tuangi air soda dingin.
406.     Untuk mengurangi rasa pahit pare, buang biji pare,iris melintang tipis, taburi dengan 1 sdt garam dan 1 sdt gula pasir. Remas-remas hingga layu lalu tiriskan
407.     Untuk memperkaya cita rasa buah kering (kismis, kurma, sukade, lemon peel), perciki potongan buah kering dengan air jeruk lemon hingga lembab. Diamkan beberapa jam lalu campurkan dalam adonan.
408.     Agar dendeng sapi tidak cepat gosong atau menjadi keras saat digoreng, rendam potongan dendeng sapi dalam air hangat hingga menjadi agak lunak. Tiriskan lalu goreng dengan api sedang.
409.     Ingin warna bolu atau cake menjadi kuning cantik ? Tambahkan sedikit kunyit bubuk atau 1 tetes pewarna kuning dalam adonan lalu aduk rata.
410.     Adonan kue kering agak lembek ? Jangan panik, bungkus adonan dalam kantong plastik lalu simpan dalam lemari es selama 2 jam hingga agak keras dan bisa dibentuk.
411.     Dalam adonan cake, agar gula cepat larut gunakan gula pasir berbutir halus atau gula bubuk. Kocok dengan kecepatan sedang hingga gula menyatu dengan telur atau mentega.
412.     Agar aroma es krim tetap segar, setelah dibuka dan tidak habis dikonsumsi, tutup wadah es krim rapat-rapat dan simpan kembali dalam freezer. Es krim mudah sekali menyerap aroma dalam freezer.
413.     Untuk hasil cake atau kue kering yang prima, sebaiknya buat gula bubuk sendiri. Haluskan gula pasir dengan food processor lalu saring. Kecuali bebas kotoran, gula bubuk lebih murni.
414.     Bungkus keju atau taruh dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es atau tempat yang sejuk kering agar aroma dan kesegaran keju tetap awet.
415.     Saat menambahkan mentega/margarin cair ke dalam adonan pastikan mentega/ margarin dalam keadaan dingin. Jika masih panas, adonan yang sudah kental akan mencair kembali.
416.     Agar kue kering renyah dan mengembang sempurna, sebelum dicetak atau dibentuk biarkan adonan selama 1-2 jam agar bahan-bahan teremulsi dengan sempurna.
417.     Jika Anda menambahkan kurma segar dalam kolak atau wedang. Masukkan kurma paling akhir agar rasanya tetap legit dan kenyal, tidak lonyot.
418.     Untuk mendapatkan sirop gula merah yang jernih dan harum, tambahkan 50 g gula pasir untuk tiap 250 g gula merah dan 1 lembar daun pandan. Setelah mendidih dan kental, angkat dan saring.
419.     Saat akan memakai bakso sapi siap pakai, kerat menyilang permukaannya. Taruh dalam mangkuk, beri sedikit bawang putih parut lalu kukus hingga merekah. Bakso lebih kenyal dan sedap rasanya.
420.     Agar rasa sirop gula merah atau kinca tidak terlalu asam dan menajdi lebih kental. Tambahkan 1 sdm gula pasir untuk tiap 50 g gula merah yang dipakai dalam resep.
421.     Untuk mengurangi rasa pedas menggigit dari sambal terasi. Tambahkan sedikit minyak goreng panas dalam sambal, aduk rata lalu sajikan.
422.     Untuk mengurangi aroma anyir udang, taruh udang dalam mangkuk tahan panas. Perciki air jeruk nipis dan sedikit arak masak lalu kukus hingga matang. Olah sesuai resep.
423.     Agar gorengan tidak terlalu berminyak, untuk memanaskan kembali, panggang gorengan dalam oven atau toaster selama beberapa menit.
424.     Ingin menyimpan santan? Pisahkan santan encer dan santan kental. Rebus masing-masing lalu dinginkan. Taruh dalam kantong plastik untuk sekali pakai dan simpan dalam freezer.
425.     Untuk menghemat waktu saat membuat iga sapi bakar, panggang dahulu iga sapi berbumbu dalam oven hingga setengah matang lalu bakar di atas bara api hingga matang dan kering.
426.     Agar jamur champignon segar lebih awet, bungkus dengan kertas lalu taruh dalam lemari es. Usahakan jamur tak terkena air. Jamur bisa disimpan selama 4 hari.
427.     Untuk membuat daging steak lebih lembut, perciki potongan daging dengan sedikit air jeruk lemon dan diamkan beberapa saat lalu olah sesuai resep.
428.     Permukaan cake cokelat pecah dan tidak mulus? Dinginkan lalu siram dengan cokelat masak yang dilelehkan. Biarkan hingga beku lalu potong-potong.
429.     Kehabisan sirop vanili? Campurkan ½ sdt vanili bubuk ke dalam 150 ml madu lalu aduk rata. Selain lebih manis, aroma sirop juga lebih harum.
430.     Agar hasil gorengan bakwan tetap renyah, masukkan bahan-bahan secara bertahap ke dalam adonan agar adonan tidak berair. Goreng hingga kering dan matang.
431.     Sup seafood anyir aromanya? Sesaat akan disantap, perciki dengan sedikit air jeruk lemon atau jeruk limau, aduk lalu nikmati segera. Aroma dan rasanya lebih segar!
432.     Kopi gaya resto ternyata bisa Anda sajikan setiap saat di rumah. Seduh air kopi seperti biasa, tuang dalam cangkir, semprotkan whipped cream lalu taburi cokelat bubuk plus kacang mete cincang.
433.     Ingin dadar telur lebih harum? Iris 1 lembar daun kunyit muda hingga halus, tumis bersama bawang merah hingga layu lalu tambahkan dalam telur kocok. Buat dadar seperti biasa.
434.     Untuk mengurangi rasa asin gulai atau kari, saat menghangatkan kembali, tambahkan beberapa potong kentang. Selain kentang jadi enak kuahnya juga tidak terlalu asin.
435.     Bosan menyantap opor ayam? Masak opor ayam hingga kering lalu goreng atau bakar di atas bara api. Jadilah ayam bakar atau ayam goreng yang pekat bumbunya dan lezat.
436.     Agar daging steak cepat lembut atau lunak, tambahkan selalu dalam bumbu perendamnya air jeruk lemon/nipis atau cuka apel, atau air buah nanas. Rasa asam akan mempercepat daging lunak.
437.     Sebagai pengganti minuman beralkohol, rendam buah-buahan kering dalam madu yang diberi air jeruk nipis sampai buah-buahan lembap atau lunak baru campurkan dalam adonan kue.
438.     Saat memanggang ayam utuh, panggang ayam hingga lunak baru olesi dengan bahan olesan dan panggang sampai kuning keemasan. Jangan mengoles ayam selagi belum matang karena kulitnya akan gosong atau terlalu kering saat matang.
439.     Jika akan menghangatkan kembali lauk yang berkuah pekat atau kental, taruh lauk dalam wadah tahan panas, tutup, lalu kukus dalam dandang panas selama 30 menit
440.     Untuk menambah aroma sedap opor, sambal goreng, kari, gulai atau sayur godog, taburi dengan bawang merah goreng sesaat akan disajikan agar rasanya tetap renyah.
441.     Untuk mendapatkan kuah sambal goreng yang merah cantik, gunakan cabai merah besar yang dibuang bijinya dan dikukus. Tumis sambal hingga matang agar warna merah cabai menjadi cantik.
442.     Saat memanaskan kembali sayur bersantan, pastikan kuahnya mendidih bergolak lalu aduk-aduk dan biarkan beberapa menit. Jangan menutup panci jika belum dingin benar agar tidak basi.
443.     Agar mendapatkan hasil maksimal, peras kelapa parut dengan air hangat. Beri sedikit air agar bisa diperoleh santan yang kental. Sisihkan santan ini lalu tambahkan air bertahap untuk santan encernya.
444.     Untuk mengurangi aroma petai, bakar petai bersama kulitnya hingga agak layu lalu kupas kulit arinya. Atau tumis dahulu hingga layu sebelum dicampurkan ke dalam sayur.
445.     Saat direbus daging sapi yang berlemak atau tidak akan berkurang sekitar 30% dari beratnya. Karena itu perhitungkan dengan teliti saat membeli daging sapi segar.
446.     Saat memakai cokelat bubuk sebagai taburan cake, campur cokelat bubuk dengan sedikit gula bubuk dan kayu manis bubuk agar rasanya agak manis dan aromanyapun harum.
447.     Untuk memperoleh bentuk bolu yang kokoh sisi-sisinya sebaiknya jangan mengolesi bagian sisi loyang dengan margarin. Jika adonan tertarik/lengket di sisi-sisi loyang maka kue akan berkerut ke bagian tengah saat dingin.
448.     Agar adonan kue kering tidak terlalu lembek tetapi aromanya tetap harum, dalam resep gunakan campuran mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1.
449.     Ingin warna bolu atau cake menjadi kuning cantik ? Tambahkan sedikit kunyit bubuk atau 1 tetes pewarna kuning dalam adonan lalu aduk rata.
450.     Adonan kue kering agak lembek ? Jangan panik, bungkus adonan dalam kantong plastik lalu simpan dalam lemari es selama 2 jam hingga agak keras dan bisa dibentuk.
451.     Dalam adonan cake, agar gula cepat larut gunakan gula pasir berbutir halus atau gula bubuk. Kocok dengan kecepatan sedang hingga gula menyatu dengan telur atau mentega.
452.     Agar wedang jahe lebih terasa hangat, tambahkan 1-2 batang serai yang dimemarkan dan rebus dengan bahan lainnya hingga air agak susut lalu saring dan sajikan.
 Untuk menambah aroma sedap ikan bakar, sesaat sebelum disajikan, dalam keadaan panas, perciki ikan dengan air jeruk limau. Sajikan segera.

1 comments:

Obat Pembesar Payudara Herbal mengatakan...

makasih tips nya ya

Posting Komentar

.

@ elhaniev-cyberultimate.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.