BAHAYA MENUNTUT ILMU KANURAGAN DAN KESAKTIAN

Dalam kehidupan modern ini ternyata masih banyak orang yang gandrung menuntut ilmu kanuragan dan kesaktian. Mereka bangga dengan kemampuan luar biasa yang dimiliki seperti tidak mempan dibacok atau ditembak, tahan api dan siraman air keras, bisa memecahkan batu dengan tangan kosong, mampu menerawang membaca fikiran atau melihat tempat yang jauh. Mereka tidak segan berkorban dan bersusah payah untuk mendapatkan ilmu tersebut. Walaupun kadangkala bertentangan dengan ajaran agama.

Banyak anak remaja yang gandrung dengan ilmu ini , apalagi kalau yang mengajarkannya memakai jubah ustadz atau kyai. Perlu diwaspadai jika tidak hati hati kita bisa terjebak aliran tarekat bahkan kalangan pesantren yang mengajarkan ilmu kanuragan . Kita menyangka itu dari ajaran Rasulullah padahal sudah menyimpang dari jalan yang benar.

Iblis dan balatentara syetan amat pandai memperdaya manusia, ia menawarkan 99 kebaikan tanpa disadari menjerumuskan manusia dengan satu kesesatan. Orang yang tidak paham menyangka ia berada pada jalan yang benar, padahal ia sudah jauh melenceng dari akidah yang benar. Metode membungkus kesesatan dengan berbagai kebaikan adalah metode paling jitu dari syetan untuk menyesatkan manusia.

Metode ini sudah digunakan Iblis terhadap Adam ketika ia membujuk Adam dan hawa untuk memakan bua Khuldi sebagaimana dikisahkan dalam surat al A’raaf ayat 20-21:

20. Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga).” 21. Dan dia (syaitan) bersumpah kepada keduanya. “Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasehat kepada kamu berdua”, (Al A’Raaf 20-21)
Syekh Abdulqadir Jaelani juga pernah didatangi syetan yang mengaku sebagai malaikat utusan Allah. Ketika ia tertidur dalam keadaan puasa ia didatangi seorang yang berjubah putih. Ia betanya: “ Siapakah anda?”, Orang itu menjawab saya adalah utusan Tuhanmu:” Allah telah memuliakanmu dan menerima semua amal ibadahmu, karena itu mulai hari ini engkau tidak pellu lagi mengerjakan shalat, puasa dan haji , dan ia telah menghalalkan semua yang diharamkan bagimu” . Mendengar ucapan orang itu ia terkejut dan ia sadar bahwa itu adalah syetan yang datang untuk mempedayanya. Ia berseru :” Hai terlaknat, enyalah engkau dari sini. Aku tidak lebih mulia dari Rasulullah saw sehingga tidak mungkin Tuhan memberikan pesan seperti itu”.

Manusia mudah ditipu oleh syetan karena tergiur dengan janji dan iming iming kesenangan dan kemudahan yang dijanjikan syetan, padahal apa yang dijanjikan syetan itu hanyalah tipuan dan kepalsuan sebagaimana disebutkan dalam surat Al Israk ayat 64:”…dan tidak ada yang dijanjikan syetan kepada mereka melainkan tipuan belaka”. Berbagai keitimewaan dan kelebihan yang didapat dengan menuntut ilmu kanuragan dan kesaktian itu hanyalah kesenangan dan kenikmatan palsu, yang ujung ujungnya hanya membawa kesengsaraan dan penderitaan.

Hati hatilah terhadap jerat yang dipasang syetan dalam kehidupan kita. Janji syetan adalah janji palsu, sedang janji Allah adalah benar , dan Allah tidak pernah mengingkari janjiNya. Allah mengingatkan ini dalam surat Fathir ayat 5 dan 6 :
5. Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. 6. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka  yang menyala-nyala (Fathir ayat 5-6)
Allah memerintahkan kita untuk minta tolong padanya dengan sabar dan mengerjakan shalat. Banyak beribadah, mengerjakan amal shaleh serta berdzikir menganggungkan namaNya. Allah menjanjikan berbagai kemudahan dan kemenangan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Kerjakanlah berbagai amalan yang jelas tuntunannya dalam al Qur’an dan hadist pasti akan mendapat berbagai keistimewaan dari Allah di dunia maupun akhirat.

Oleh karena itu waspadalah wahai sahabat, tidak sedikit dari para pelaku olah kanuragan yang berembel-embel tenaga dalam dan kesaktian, akhirnya terjungkal kedalam kesesatan yang semakin dalam. Simak kisah pengakuan penggemar olah kanuraga namun telah menyadari kesalahannya dan bertaubat kepada Allah SWT,  janganlah anda menjadi korban berikutnya....

>> pengalaman tersesat dalam olah kanuragan >>

0 comments:

Posting Komentar

.

@ elhaniev-cyberultimate.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.