Pemanfaatan
media sosial seperti facebook, twitter, Linkedin, friendster, kaskus, multiply,
sampai google plus memang sangat membantu para pelaku usaha untuk memasarkan
produk atau jasanya melalui dunia maya. Melalui media sosial, para pelaku usaha dapat berkomunikasi langsung dengan
calon konsumennya, dan mempublish berbagai macam produk maupun jasa yang
ditawarkannya kepada khalayak ramai.
Nah, untuk menghindari kemungkinan
buruk tersebut. Berikut ini kami informasikan tata cara promosi bisnis
menggunakan media sosial,
agar iklan yang anda kirimkan tidak mengganggu privacy para konsumen.
- Hal yang paling penting dalam memasarkan produk melalui media sosial yaitu perhatikan privacy para konsumen. Kebanyakan pelaku bisnis toko online mengetag foto atau mengirimkan penawaran produk ke semua pelanggan tanpa seijin pemiliknya. Sehingga tidak jarang para pelanggan merasa terganggu dengan foto yang dikirimkan. Sebaiknya, bukalah lapak pada halaman akun yang Anda miliki. Untuk menarik perhatian konsumen, maka lakukan posting secara rutin agar postingan Anda selalu berada di halaman pertama dalam beranda.
- Hindari postingan yang isinya menjatuhkan atau menghina pihak-pihak tertentu (seperti pihak kompetitor Anda, konsumen, maupun golongan lainnya yang berhubungan dengan bisnis Anda). Berhubung akun tersebut di daftarkan atas nama perusahaan yang Anda miliki, maka sebaiknya hindari postingan-postingan yang kurang bermanfaat. Hal ini penting karena akan mempengaruhi pandangan konsumen terhadap perusahaan yang Anda jalankan.
- Yakinkan konsumen dengan
komentar (testimony) yang disampaikan para pelanggan melalui akun
perusahaan Anda. Strategi ini terbilang cukup efektif, karena calon
konsumen lebih mudah percaya dengan kesaksian para pelanggan. Bahkan
strategi pemasaran seperti diatas juga bisa meningkatkan brand image
sebuah produk, sehingga masyarakat luas semakin percaya dengan penawaran
yang Anda sampaikan di media sosial.
- Libatkan pelanggan ketika menjalankan bisnis online melalui media sosial. Selain memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, Anda juga bisa melakukan riset pasar dengan melibatkan langsung para member yang Anda miliki. Selain mempermudah Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, strategi ini juga bisa mempererat hubungan konsumen dan pelaku usaha. Sehingga loyalitas para konsumen mulai terbangun dan pemasaran pun mulai berjalan lancar.
- Cantumkan alamat dan kontak person yang dapat dihubungi, serta informasikan cara pembayaran dan proses pengiriman produk. Saat ini banyak kasus penipuan yang sering terjadi melalui media sosial, karena itu untuk meyakinkan para calon pelanggan cantumkanlah kontak person yang dapat dihubungi agar konsumen tidak meragukan usaha yang Anda jalankan.
Sebelum akhirnya Anda terjun
menjalankan bisnis melalui media sosial, sebaiknya perhatikan tata cara yang
ada dan pergunakanlah secara hati-hati agar tidak mengganggu privacy
para konsumen Anda. Selamat berkarya, teruslah berusaha dan salam sukses.
0 comments:
Posting Komentar