Indahnya Kehamilan


Kehamilan adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Terutama untuk wanita entah yang berkeluarga ataupun belum. Karena kejadian itu dapat menjadi anugrah yang paling menyenangkan ataupun menjadi bencana yang paling menyedihkan ataupun yang menganggap biasa saja. Apapun pendapatnya sangatlah penting untuk mengetahui tentang adanya kehamilan itu. Karena dengan hamil itu sendiri akan banyak hal yang terjadi dan diperlukan beberapa hal yang dipersiapkan agar kehamilan tersebut berjalan dengan sebaik-baiknya…:)
Perlu diingat ada beberapa penyakit ataupun gangguan psikologis yang dapat menyerupai kehamilan, sehingga perlu penegakan diagnosa berdasar uji dari lab. Karena itu pada catatan sekarang saya ingin membahas tentang bagaimana kita mengetahui kehamilan itu sendiri berdasartanda-tandanya agar mempermudah anda semua dalam mengethui ada tidaknya kehamilan.

Tanda dari kehamilan

  • Mual dengan atau tanpa muntah
Kehamilan sering bermanifestasi dengan mual muntah. Ini terjadi mulai pada minggu ke 6 dari kehamilan lalu akan menghilang dalam waktu 6-12 minggu. Gejala ini terutama dirasakan pada pagi hari atau lebih dekenal dengan morning sicknes.

  • Gangguan dari berkemih (buang air kecil)
Pada awal kehamilan pembesaran dari uterus akan menyebabkan tertekannya kandung kencing sehingga akan berkemih lebih sering. Tapi sejalan dengan kehamilan dan meningkatnya ukuran dari rahim, penekanan akan semakin berkurang dan frekuansi berkemih akan menurun.

  • Lelah
Merupakan gejala yang paling sering dirasakan pada awal-awal kehamilan

  • Merasakan gerakan janin
Pada usia kehamilan 16-20 minggu seorang wanita akan merasakan adanya gerakan pada rahimnya. Perasaan ini awalnya akan berupa gerakan yang perlahan, dan kan meningkar perlahan-lahan secara bertahap mengikuti meningkatnya usia dari kehamilan tersebut.

  • Terhentinya menstruasi
Mens yang berhenti atau lebih sering dikenal dengan terlambat datang bulan yang terjadi  pada wanita sehat, yang sebelumnya mengalami mens yang spontan berkala dan teratur merupakan isyarat dari kehamilan.
  • Perubahan payudara
  • Munculnya stria abdomen
Terbapat garis hitam vertikal di tengah dari abdomen

Bukti dari kehamilan


  • Perbesaran dari perut


Sejalan dengan kehamilan ukuran rahim akan membesar hingga pada ninggu ke12 dari kehamoilan tersebut, mulai dapat diraba. Pada kehamilan pertama akan sulit terasa adanya pembesaran, tapi pada kehamilan ke2 dan selanjutnya akan lebih teraba karena dinding perut yang sudah sangat lentur.

  • Kontraksi rahim

Kontraksi ini dapat dirasakan sejak awal dari kehamilan. Walaupun kontraksi ini dapat dirasakan pada masa apapun di luar dari waktu kehamilan tersebut.

  • Uji beta-hCG

Uji kehamilan ini merupakan uji yang rutin dilakukan dirumah-rumah. Menggunakan stik yang dapat mengikat hormon beta-hCG dan menunjukan 2 garis warna merah jika hasilnya positif

  • Denyut jantung janin

Denyut jantung janin janin pada tahap awal tak akan terdengar, tapi dapat di buktikan dengan adanya gerakan dengan melihat melalui USG, tapi mulai usia 5 bulan sudah dapat di dengar melalui stetoskop lenec

  • Gerakan yang dapat dirasakan pemeriksa
  • Deteksi USG
Nah, jika kesemua gejala itu anda alami, alhamdulillah..., bersyukurlah karena sebentar lagi anda akan menenerima amanah dari Sang Khaliq untuk  merawat seorang makhluk suci, dan disitulah kebahagiaan akan membuncah, sungguh sulit dikatakan dengan kata-kata. Hmm...jangankan anda sebagai seorang calon Ibu, saya saja sebagai bapak, pernah mengalami betapa luar biasanya kebahagiaan akan segera memperoleh putra, karena sebentar lagi akan dipanggil "Abah"....

Namun bagaimana bagi pasangan yang sulit mendapatkan momongan ? Padahal sudah tahunan bahkan mungkin belasan tahun belum juga merasakan kehamilan ? Yah, sabar dan teruslah berusaha, insya Allah saatnya juga akan tiba. Bahkan anda bisa "belajar bagaimana bisa hamil" lewat berbagai literatur, atau anda bisa langsung berkunjung ke sini.., mungkin dengan cara ini usaha anda akan berhasil, insya Allah..., sekali lagi kunjungi disini ya... ! 


0 comments:

Posting Komentar

.

@ elhaniev-cyberultimate.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.