|
|
|
|
|
PENDAHULUAN
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على سيد الزاهدين و إمام العابدين
أم بعد
Suatu ketika Salman Al-Farisi pernah ditanya oleh seorang musyrik:
“Apakah benar Nabi kalian mengajarkan perkara-perkara agama ini hingga adab
buang hajat? Salman menjawab dengan tegas: Benar! Beliau صلي الله عليه وسلم melarang kita istinja dengan tangan
kanan, dan melarang kita untuk menghadap kiblat [saat buang hajat]”. Sebuah
hadits yang agung menggambarkan betapa sempurnanya agama islam ini, tidak
hanya menjelaskan perkara-perkara yang besar dan urgen, namun juga perkara
yang sering disepelekan oleh kebanyakan orang yaitu adab buang hajat.
Berikut ini adab-adab dalam buang hajat yang coba kami kupas, semoga
bermanfaat..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. TIDAK DISEMBARANG TEMPAT
Membung hajat disembarang tempat, tidak hanya mengotori dan mengganggu
orang lain namun juga menyebabkan pelakunya mendapat la’nat, Allah
berfirman:
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min
dan mu’minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka
telah memikul kebohongan yang nyata.” (QS. Al-Ahzab: 58).
Rosulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
اِتَّقُوْا اْللَّعَانَيْنِ, قَالُوْا: وَمَا اْللَّعَانَانِ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ: الَّذِيْ يَتَخَلَّى فِيْ طَرِيْقِ اْلنَّاسِ أَوْ فِيْ ظِلِّهِمْ
"Takutlah kalian dari dua perkara yang
menyebabkan pelakunya mendapat la’nat, para sahabat bertanya: Apa dua
perkara itu wahai Rosulullah? Rosulullah صلي الله عليه وسلم menjawab: Yaitu orang yang buang hajat ditempat-tempat yang dilalui
manusia dan tempat perteduhan mereka". (HR. Muslim 269, Abu Dawud 25,
Ahmad 8636).
Berkata Syaroful Haq ‘Adzim Abadi: “Hadits ini menunjukkan haromnya
buang hajat di jalan-jalan yang dilalui oleh manusia atau tempat perteduhan
mereka, karena orang yang lewat akan merasa jijik dan terganggu dengan
najisnya”. (Aunul Ma’bud 1/31).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. LARANGAN KENCING PADA AIR YANG TENANG
Berdasarkan hadits:
لاَ يَبُوْلَنَّ أَحَدُكُمْ فِيْ اْلمَاءِ اْلَّدَائِمِ الَّذِيْ لاَ يَجْرِى
“Janganlah kalian kencing pada air yang tenang
lagi tidak mengalir.” (Bukhori 239 dan Muslim 282).
Imam Nawawi berkata: “Jika airnya banyak dan mengalir maka tidaklah
diharamkan kencing didalamnya, akan tetapi menjauhinya lebih utama”.(Syarah
Shohih Muslim 3/523).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. TIDAK MEMBAWA SESUATU YANG BERTULISKAN NAMA ALLAH
Yang demikian sebagai bentuk pemuliaan dan penjagaan nama Allah dari
penghinaan, karena itu tidaklah layak bagi seorang muslim ketika buang
hajat membawa sesuatu yang bertuliskan lafadz Allah, kecuali karena
dhorurat. Adapun mushaf Al-Qur’an tidak diragukan lagi larangannya untuk
dibawa ketika buang hajat, dan inilah pendapat ahlu ‘ilmi. (Lihat Syarah
Mumti’ 1/91 oleh Syaikh Ibnu Utsaimin).
Perhatian:
Hadits yang menjelaskan bahwasanya
Nabi apabila buang hajat beliau melepas cincinnya yang bertuliskan lafadz
Allah, hadits ini adalah dho’if, riwayat Abu Dawud no.19, dan dia berkata:
“Ini adalah hadits munkar”, Tirmidzi 1746, 47-Syamail, Ibnu Majah
303,Nasa’i 5210, dan dia berkata: “Hadits ini ‘Ghoiru Mahfudz”’
(Syadz-pent), Baihaqi 1/95, Hakim 1/187, Ibnu Hibban 1413, Qurthubi dalam
Tafsirnya 10/88, Imam Nawawi berkata: “Hadits ini ditolak keabsahannya!” ( At-Talkhis
1/160). Al-Albani berkata: “Apa yang dikatakan Abu Dawud adalah benar,
karena jumhur ‘ulama telah mendho’ifkan hadits ini”, (lihat Al-Misykah 343, Mukhtasor Syamail Muhammadiyah
75).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. MASUK DENGAN MENDAHULUKAN KAKI KIRI
DAN BERDO’A
Berdasarkan hadits:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ اْلنَّبِيُّ صلي الله عليه وسلم يُعْجِبُهُ اْلتَّيَمُنُ فِيْ تَنَعُّلِهِ وَ تَرَجُّلِهِ وَ طُهُوْرِهِ وَ فِيْ شَأْنِهِ كُلِّهِ
"Dari ‘Aisyah dia berkata: Adalah Rosulullah صلي الله عليه وسلم mencintai untuk mendahulukan yang kanan ketika
memakai sandal, bersisir, bersuci dan pada perkara mulia lainnya".
(HR. Bukhori 168, Ahmad 6/187).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: "Telah tetap dalam kaidah
syar’i bahwa perbuatan yang didalamnya mungkin untuk dilakukan antara kanan
dan kiri, maka hendaklah mendahulukan yang kanan pada perkara-perkara yang
baik dan mulia semisal: memakai sandal, masuk masjid, keluar WC dan
lainnya, adapun perkara-perkara yang hina dan kotor seperti: masuk WC,
keluar masjid, melepas sandal maka hendaklah kaki kiri didahulukan".
(Majmu Fatawa 21/109).
Kemudian berdo’a:
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ اْلخُبُثِ وَ اْلخَبَائِثِ
“Yaa Allah… Aku berlindung kepada-Mu dari gangguan
Syaithon laki-laki dan Syaithon perempuan.” (HR. Bukhori 142, Muslim 375).1
Ibnu Batthol berkata: “Do’a ini tidak hanya dibaca pada tempat-tempat
buang hajat (semisal kakus, jamban-pent) namun juga pada tempat-tempat
lainnya”. (semisal tanah lapang, kebun-pent) . (lihat Subulus Salam
1/154).
1 Said bin Mansyur dan lainnya menambahkan lafazh ‘Bismillah’ diawal
doa:
بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ اْلخُبُثِ وَ اْلخَبَائِثِ
Syaikh Al-Albani menshahihkan tambahan ini dalam Irwaa-ul
Ghaliil no.50 Ibnu Majjah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. LARANGAN MENGHADAP KIBLAT
Dalam masalah ini ada beberapa hadits
yang menjelaskan,
1.
Hadits Abu Ayyub Al-Anshori, bahwasanya Rosulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
إِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ اْلغَائِطَ فَلاَ يَسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ وَلاَ يُوَلِّهَا ظَهْرَهُ
“Apabila salah seorang diantara kalian buang
hajat, maka janganlah ia menghadap kiblat atau membelakanginya!” (HR.
Bukhori 144, Muslim 264).
2.
Dari Jabir bin Abdullah dia berkata:
نَهَى اْلنَّبِيُّ صلي الله عليه وسلم أَنْ نَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ بِبَوْلٍ فَرَأَيْتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْبَضَ بِعَامٍ يَسْتَقْبِلُهَا
“Nabi صلي الله عليه وسلم melarang kami menghadap kiblat ketika buang hajat, akan tetapi aku
melihatnya menghadap kiblat setahun sebelum wafatnya.” (HR. Tirmidzi 9, Abu
Dawud 13, Ibnu Majah 325, Ibnu Khuzaimah 58, Ahmad 5/515, Ibnu Hibban 1320,
Ibnu Jarud 31, dihasankan oleh Al-Albani dalam shohih sunan Abu Dawud.)
3.
Hadits Abdullah bin ‘Umar dia berkata:
إِنَّ نَاسًا يَقُوْلُوْنَ إِذَا قَعَدْتَ عَلىَ حَاجَتِكَ فَلاَ تَسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ وَلاَ بَيْتَ اْلمَقْدِسِ فَقَالَ عَبْدُ اللهِ بْنِ عُمَرَ : لَقَدْ اِرْتَقَيْتُ يَوْمًا عَلىَ بَيْتٍ لَنَا فَرَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلي الله عليه وسلم عَلىَ لَبِيْنَتَيْنِ مُسْتَقْبِلاً بَيْتَ اْلمَقْدِسِ
“Sesungguhnya manusia berkata; apabila buang hajat
janganlah menghadap kiblat atau baitul maqdis, padahal suatu hari aku
pernah naik rumah saudara perempuanku(Hafshoh), dan aku melihat Rosulullah صلي الله عليه وسلم buang hajat dengan menghadap Baitul Maqdis.” (HR.
Bukhori 145, Muslim 266).
Hadits-hadits diatas nampaknya bertentangan satu sama lain, karena itu
para ‘ulama berselisih tajam dalam masalah ini, apakah hukum menghadap
kiblat dan membelakanginya ketika buang hajat bersifat mutlak, baik pada
bangunan maupun tanah lapang??!. Hadits Abu Ayyub berfaidah larangan
menghadap kiblat dan membelakanginya secara mutlak, sedangkan hadits Jabir
menjelaskan bahwa akhir perkara Rosulullah صلي الله عليه وسلم menunjukkan bolehnya menghadap kiblat, sementara hadits Abdullah bin
‘umar menunjukkan bolehnya membelakangi kiblat tidak menghadapnya pada
bangunan atau yang semisalnya. Yang benar dalam masalah ini, adalah
pendapat jumhur ‘ulama yang mengkompromikan dali-dalil yang ada, bahwa
menghadap kiblat dan membelakanginya dilarang pada tanah lapang atau tempat
yang tidak ada penutup dan pembatasnya, adapun pada bangunan atau tempat
yang ada penutup dan pembatasnya maka dibolehkan. Inilah pendapat yang
dipilih oleh Al-‘Abbas bin Abdul Mutholib, Abdullah Bin ‘Umar, Sya’bi,
Ishaq Bin Rohawaih, Imam Malik dan Syafi’i. (Lihat Syarah Shohih Muslim
2/497). Juga pendapat para ‘Ulama lainnya seperti Imam Nawawi dalam Majmu’
Syarah Muhadzzab (2/93), Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari
(1/323), Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni (1/221), As-Shon’ani dalam Subulus
Salam (1/162), Syaikh Ibnu Baz dalam Fatawanya (10/35), Lajnah
Daimah (5/95, no.4480) dan Ibnu Utsaimin dalam Fatawanya
(11/111). Wallahu ‘Alam.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. MENJAGA AUROT
Berkata Imam Ibnu qudamah: “Disukai untuk menutup aurot ketika buang
hajat, jika ia mendapati kebun, rerimbunan, pohon atau lainnya hendaklah ia
menutup diri dengannya, jika tidak maka hendaklah ia menjauh hingga tidak
dilihat seorangpun”. (Al-Mughni 1/222).
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ جَعْفَرَ قَالَ: أَرْدَفَنِيْ رَسُوْلُ اللهِ صلي الله عليه وسلم ذَاتَ يَوْمٍ خَلْفَهُ فَأَسَرَّ إِلَيَّ حَدِيْثًا لاَ أُحَدِّثُ بِهِ أَحَدًا مِنَ اْلنَّاسِ وَ كَانَ أَحَبَّ مَا اسْتَتَرَ بِهِ رَسُوْلُ اللهِ لِحَاجَتِهِ هَدَفٌ أَوْ حَائِشُ نَخْلٍ
Dari ‘Abdullah Bin Ja’far dia berkata: “Rosulullah
صلي الله عليه وسلم pernah memboncengku pada suatu hari, dan beliau
menceritakanku sebuah hadits yang tidak aku ceritakan kepada seorangpun,
bahwasanya beliau paling suka untuk menjaga ‘aurot ketika buang hajat
dengan pergi ketempat yang tinggi atau yang sepi.” (HR. Muslim 342, Abu
Dawud 2549, Ibnu Majah 340).
Juga berdasarkan hadits:
عَنْ اْلمُغِيْرَةَ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ اْلنَبِيَّ صلي الله عليه وسلم كَانَ إِذَا ذَهَبَ اْلمَذْهَبَ أَبْعَدَ
Dari Mughiroh Bin Syu’bah dia berkata: “Adalah
Rosulullah صلي الله عليه وسلم apabila buang hajat, menjauh ketempat yang sepi.”
(HR.Abu Dawud 1, Tirmidzi 20, Ibnu Majah 331, Nasa’I 17, Darimi 666.
Al-Albani menghasankannya dalan As-Shohihah [1159]).
Imam Nawawi berkata: "Didalam hadits terdapat anjuran untuk
menjaga ‘aurat ketika buang hajat, baik di tempat sepi, terlindung atau
yang lainnya, yang dapat menutupi dari pandangan orang". (Syarah
Shohih Muslim 3/29).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. KENCING BERDIRI?
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ اْلنَّبِيَّ صلي الله عليه وسلم كَانَ يَبُوْلُ قَائِمًا فَلاَ تُصَدِّقُوْهُ , مَا كَانَ يَبُوْلُ إِلاَّ قَائِدًا
Dari ‘Aisyah dia berkata: “Barang siapa yang
menceritakan [kepada] kalian bahwasanya Nabi صلي الله عليه وسلم kencing berdiri janganlah dipercaya! Tidaklah Nabi kencing kecuali
dengan duduk.” (HR. Tirmidzi 12, Nasa’i 29, Ibnu Majah 307, Ahmad 6/192).
Dishohihkan oleh Al-Albani dalam As-Shohihah (201).
Hudzaifah bin Yaman berkata:
عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ اْليَمَانِ قَالَ: كُنْتُ مَعَ اْلنَّبِيِّ صلي الله عليه وسلم فَانْتَهَى إِلىَ سُبَاطَةِ قَوْمٍ فَبَالَ قَائِمًا
“Aku pernah pergi bersama Nabi صلي الله عليه وسلم, kemudian beliau berhenti pada suatu tempat dan
kencing dengan berdiri. (HR. Bukhori 226, Muslim 273).
Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: Yang dzhohir bahwa perbuatan nabi diatas
menunjukkan bolehnya hal itu, sekalipun beliau paling sering kencing dengan
duduk, adapun perkataan ‘Aisyah hanya sebatas pengetahuannya didalam rumah,
yang dia tidak tahu pada selainnya. (Fathul Bari 1/430).
Kesimpulannya: kencing dengan berdiri atau duduk dibolehkan, yang
terpenting adalah aman dari percikan air kencingnya. (lihat As-Shohihah
1/393)
Perhatian:
Hadits yang berbunyi:
عَنْ عُمَرَ قَالَ: رَاّنِيْ اْلنَّبِيُّ صلي الله عليه وسلم وَ أَناَ أَبُوْلُ قَائِمًا, فَقَالَ: يَا عُمَرُ لاَ تَبُلْ قَائِمًا! فَمَا بُلْتُ قَائِمًا بَعْدُ
Dari Umar dia berkata: “Nabi melihatku kencing
dengan berdiri maka beliaupun menegurku seraya berkata: Hai ‘Umar janganlah
kamu kencing dengan berdiri!” (HR.Tirmidzi 12, Ibnu Majah 308, Ibnu Hibban
135, Baihaqi 1/102).
Ini adalah hadits yang dho’if,
didho’ifkan oleh Tirmidzi dalam Sunannya 12, Al-Albani dalam Ad-Dho’ifah
934.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. LARANGAN MENGGUNAKAN TANGAN KANAN
Imam Ibnu Qoyyim berkata: "Adalah Nabi Istinja dan Istijmar
dengan tangan kirinya". (Zaadul Ma’ad 1/166).
عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنِ اْلنَّبِيِّ صلي الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا بَالَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَأْخُذَنَّ ذَكَرَهُ بِيَمِيْنِهِ وَلاَ يَسْتَنْجِيْ بِيَمِيْنِهِ
Dari Abu Qotadah dari bapaknya bahwasanya
Rosulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: “Apabila salah seorang diatara
kalian kencing maka janganlah ia memegang kemaluannya dan beristinja
dengan tangan kanannya. (HR. Bukhori 154, Muslim 267).
Imam Nawawi berkata: "‘Ulama bersepakat atas haramnya
beristinja dengan tangan kanan". (Syarah Shohih Muslim
2/498).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. ISTINJA
Istinja adalah bersuci dengan menggunakan air, batu atau yang
lainnya. hal ini wajib dilakukan untuk mensucikan segala sesuatu yang
keluar dari dua jalan [seperti air kencing, berak, madzi-pent]. (Lihat Al-Mughni
1/206, Majmu’ Syarah Muhadzzab 2/110.) Adapun dalil istinja
dengan air, berdasarkan hadits:
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ يَقُوْلُ: كَانَ اْلنَّبِيُّ صلي الله عليه وسلم إِذَا خَرَجَ لِحَاجَتِهِ أَجِيْءُ أَناَ وَ غُلاَمٌ مَعَناَ إِدَاوَةٌ مِنْ مَاءٍ
Dari Anas Bin Malik dia berkata: Adalah Nabi
apabila hendak buang hajat, maka aku dan seorang anak sebayaku
membawakan seember air untuknya. (HR. Bukhori 150).
Imam Asy-Saukani berkata: "Hadits ini menunjukkan tetapnya
istinja dengan air" (Nailul Author 1/96, lihat pula Al-Mugni
1/208).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. SUNNAHNYA ISTIJMAR DENGAN
BILANGAN GANJIL
Berdasarkan hadits:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ اْلنَّبِيِّ صلي الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا اسْتَجْمَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَجْمِرْ وِتْرًا
Dari Abu Hurairoh bahwasanya Rosulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: “Apabila salah seorang diantara
kalian istijmar maka istijmarlah dengan bilangan yang ganjil”. (HR.
Bukhori 161, Muslim 237 dan ini lafadznya). Dan hendaklah bilangan
tersebut tidak kurang dari tiga, berdasarkan hadits:
عَنْ سَلْمَانَ قَالَ: قِيْلَ لَهُ : قَدْ عَلَّمَكُمْ كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى اْلخِرَاءَةَ قَالَ: أَجَلْ! لَقَدْ نَهَانَا أَنْ نَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ لِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ أَوْ اَنْ نَسْتَنْجِيَ بِاْليَمِيْنِ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِأَقَلَّ مِنْ ثَلاَثَةِ أَحْجَارٍ أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيْعٍ أَوْ بِعَظْمٍ
Dari Salman bahwasanya dia ditanya seorang
musyrik: “Apakah Nabi kalian mengajarkan segala sesuatu hingga adab
buang hajat?” Salman menjawab: “Ya! Sungguh beliau melarang kami ketika
buang hajat untuk menghadap kiblat, istinja dengan tangan kanan,
istinja kurang dari tiga batu, istinja dengan kotoran atau tulang”.
(HR. Muslim 262, Tirmidzi 16, Abu Dawud 7, Ibnu Majah 316).
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Berdasarkan hadits ini Imam Syafi’i,
Ahmad, dan Ahli hadits mensyaratkan bahwa istijmar tidak boleh kurang
dari tiga, dengan tetap menjaga kebersihannya, bila kurang bersih boleh
lebih dari tiga dan disunnahkan ganjil. (Fathul Bari 1/336 lihat
pula Al-Mughni 1/209, Majmu’ Syarah Muhadzzab 2/120 Tuhfatul
Ahwadzi 1/67).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. DIBENCINYA BERBICARA
KETIKA BUANG HAJAT
Berdasarkan hadits:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَ رَسُوْلُ اللهِ صلي الله عليه وسلم يَبُوْلُ فَسَلَّمَ , فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ
Dari Abdullah Bin ‘Umar dia berkata: “Adalah
seorang laki-laki memberi salam kepada Rosulullah صلي الله عليه وسلم tatkala beliau kencing, maka beliaupun tidak
menjawabnya.” (HR. Muslim 370, Abu Dawud 16, Tirmidzi 90, Nasa’i 37,
Ibnu Majah 353, Lihat Al-Irwaa-ul Ghalil 54).
Berkata Imam Nawawi: “Didalam hadits ini terdapat faidah bahwasanya
seorang muslim yang sedang buang hajat tidak wajib menjawab salam, dan
faidah yang lain adalah dibencinya berbicara ketika buang hajat
terkecuali ketika terpaksa”.(Syarah Shohih Muslim 3/51).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. DO’A KELUAR WC
Ketika selesai buang hajat, hendaklah keluar dengan mendahulukan
kaki kanan seraya berdo’a:
غُفْرَانَكَ
“Yaa… Allah aku mohon ampunan-Mu.”
(HR.Tirmidzi 7, Abu Dawud 30, Ibnu Majah 300, Ahmad 24694, Ibnu Sunni
dalam Amal Yaum wa Lailah 23, Hakim 1/158, Baihaqi 1/97), di
shohihkan oleh Al-Albani dalam Al-Irwaa-ul Ghalil 52.
Demikianlah pembahasan kali ini, semoga Allah menjadikannya ikhlas
mengharap wajah-Nya dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin, Wallahu
‘Alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 comments:
Posting Komentar