Cegah Osteoporosis Sebelum Terlambat!


Hasil penelitian terbaru menunjukkan kalau ternyata osteoporosis terjadi karena pola hidup dan kebiasaan yang justru dimulai sejak kita masih muda. Jadi, lakukan beberapa tip berikut untuk mencegahnya!
  • Mulailah berolahraga, nggak usah yang terlalu berat. Angkatlah dumbel kecil atau botol air kemasan dengan hanya mengerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah sebanyak tiga set setiap harinya (1 set terdiri dari 8-10 hitungan).
  • Perhatikan makanan kita, mulailah mengonsumsi kalsium dengan dosis yang dianjurkan, yaitu 800-1000 mg dan 1200-1500 mg untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui.
  • Jangan takut mengonsumsi susu. Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa para pengonsumsi susu tinggi kalsium tersebut memang mengalami peningkatan jumlah kalsium dalam tubuh mereka karena laktosa (gula susu) yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium di usus.
  • Ubah gaya hidup dengan selalu meluangkan waktu untuk berolahraga. Terlalu sibuk di kantor tidak baik untuk kesehatan tulang.
  • Jangan lupa berjemur karena sinar matahari pagi dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang membantu penyerapan kalsium. Cobalah untuk berjemur setidak-tidaknya selama 15 menit setiap harinya, terutama untuk bagian tangan, lengan dan wajah kita (bukan bayi saja, kan...).
  • Periksakan diri ke dokter. Bila merasa memiliki risiko tinggi atau memiliki gaya hidup yang rentan terhadap osteoporosis, ada baiknya kita memeriksakan kepadatan tulang ke dokter. Pemeriksaan dapat berupa penyinaran terhadap bagian-bagian tubuh seperti pergelangan tangan, kaki dan tulang belakang yang disebut dengan pemeriksaan bone densitometry. Lebih baik mencegah daripada mengobati!

0 comments:

Posting Komentar

.

@ elhaniev-cyberultimate.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.