ZINC ATASI DIARE PADA ANAK



Diare pada anak jangan dianggap remeh, karena sebuah penelitian mengungkap bahwa jutaan anak di negara berkembang yang menderita penyakit ini bisa terancam kematian. Tercatat sebanyak 2 juta anak di negara berkembang setiap tahunnya meninggal akibat penyakit diare ini. Terungkap pula suplemen yang mengandung Zinc ternyata mampu mengurangi lamanya penyakit diderita dan kadar keparahan penyakit.

Kini sudah diketahui suplemen dengan Zinc sangat penting untuk mengatasi diare pada anak-anak di negara berkembang," kata penulis Kare Molbak, dari Statens Serum Insitut di Copenhagen, Denmark.

Molbak dan para peneliti koleganya di Norway, India dan Nepal mengadakan penelitian terhadap manfaat dari suplemen Zinc ini pada 1.800 anak laki-laki dan perempuan usia 6 bulan - 3 tahun. Anak-anak ini dimonitor oleh seorang dokter dan diberi suplemen Zinc dan vitamin A dalam bentuk kapsul yang juga mengandung gula sehingga terasa manis.

Dari situ terbukti suplemen Zinc memperlihatkan manfaat untuk mempercepat penyembuhan diare. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa Zinc bisa mengurangi resiko berlanjutnya diare yang sudah berlangsung lebih dari seminggu, sampai 43-47%.
Temuan ini juga menyarankan bahwa Zinc akan bekerja paling efektif saat diberikan pada anak yang telah menderita diare selama 4 hari atau lebih.

Kesimpulannya, Zinc dapat membantu mengurangi 'gempuran' diare dan mengatasi kekurangan air. Selain itu perlu dicatat pula bahwa suplemen ini juga dapat menggantikan antibiotik atau obat lain yang tidak efektif terhadap diare.

Tambah Molbak lagi, "Semakin baik pelayanan ini di negara berkembang berarti semakin berkurang pula angka kematian penyakit diare di negara berkembang. Dan para Ibu-lah yang 'bertugas' untuk memberi 'pelayanan' ini kapada anak-anaknya yang terkena diare.

0 comments:

Posting Komentar

.

@ elhaniev-cyberultimate.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.